Hukum Fisika yang Diterapkan dalam Panahan

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Ilustrasi Olahraga Panahan
Ilustrasi Olahraga Panahan

Mungkin bagi sebagian orang, olahraga memanah hanya melibatkan tingkat keakuratan dan insting seorang atlet. Namun, sebenarnya ilmu fisika dibutuhkan pada cabang olahraga ini agar ketepatan memanah makin valid.

Olahraga panahan bisa mengandalkan energi potensial yang terjadi pada anak panah. Energi potensial itu timbul ketika atlet menarik busur. Makin jauh atlet menariknya, makin besar energi potensial yang dihasilkan.

Namun, anak panah yang melesat lebih cepat bukan berarti akan tepat menuju target. Sebab, anak panah bisa jadi mengalami turbulensi sehingga bergerak keluar jalur yang diharapkan.

Karena itu, tubuh anak panah umumnya dilengkapi fletching, atau pada anak panah tradisional terdapat bulu-bulu unggas, yang berfungsi menjaga anak panah tetap stabil ketika turbulensi. Fletching ini pun memungkinkan anak panah bergerak berputar pada porosnya sehingga membelah udara dengan baik dan menuju target secara akurat.

Perlu diketahui pula, adanya archer`s paradox yang merupakan fenomena ketika panah dilepaskan ke arah kiri atau kanan (keluar dari target) tapi akan kembali ke arah yang lurus dan mengenai target.

Panah umumnya akan diarahkan ke kanan dari tengah target, karena panah akan melesat ke bidang busur tengah (median plane) atau ke sudut imbang (offset).

Ilustrasi Fisika dalam Panahan

Ketika jari atlet terlepas, tali busur akan melesat ke arah kiri. Begitu pula dengan sudut bidang busur tengah. Panah pun bergetar dan mengikuti arah dari tali busur tersebut. Pada gambar di bawah, F1 sebagai arah dari panah. 

Tali busur pun kembali, panah ke posisi awal dan menarik panah dengan simbol F2. Ujung panah (T) pun bergerak ke arah kiri. Setelah meninggalkan busur, panah melesat lurus ke arah target.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

15 Bacaan Doa Seputar Ibadah bagi Umat Islam

Jumat, 26 November 2021 | 17:41 WIB

SMK SMAK Padang Raih 2 Prestasi Sekaligus

Jumat, 26 November 2021 | 15:40 WIB

Ciri, Struktur Tubuh dan Cara Reproduksi

Kamis, 25 November 2021 | 19:54 WIB

Ciri dan Pengelompokan Archaebacteria

Kamis, 25 November 2021 | 16:02 WIB

Dampak Positif dan Negatif Kingdom Monera (Bakteri)

Rabu, 24 November 2021 | 21:28 WIB

Definisi dan Ciri-Ciri pada Kingdom Monera

Rabu, 24 November 2021 | 19:06 WIB

Perbedaan antara Kingdom Monera dan Protista

Rabu, 24 November 2021 | 19:03 WIB
X