Pengertian, Fungsi, dan Contoh Norma Kesusilaan dalam Bermasyarakat

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:48 WIB
Ilustrasi norma kesusilaan
Ilustrasi norma kesusilaan

Dalam kehidupan bermasyarakat, untuk mencapai tingkat harmonis, biasanya berlaku sebuah aturan yang disebut dengan norma. Norma berasal dari bahasa Belanda, yaitu 'norm' yang berarti patokan, pedoman, atau pokok kaidah. Jadi, secara umum pengertian norma adalah kaidah yang menjadi sebuah petunjuk, pedoman untuk seseorang dalam bertindak atau tidak, serta bertingkah laku dalam kehidupan di lingkungan masyarakat. Norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat berbentuk tertulis maupun tidak tertulis. Ada berbagai macam-macam norma diantaranya, norma agama, norma kesopanan, norma hukum, dan norma kesusilaan. Kali ini, kita akan membahas tentang norma kesusilaan.

Baca Juga: Apa Itu Nilai dan Norma Sosial: Pengertian, Jenis, dan Contohnya (Materi Sosiologi)

Dilansir dari Detik.com, berikut penjelasan tentang norma kesusilaan.

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berasal dari dalam hati nurani setiap orang tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Sanksi terhadap norma kesusilaan bersifat individual. Norma kesusilaan menghasilkan akhlak sehingga seseorang dapat membedakan sesuatu yang dia anggap baik dan sesuatu yang dianggap buruk.
Berdasarkan kodrat kemanusiaannya, hati nurani setiap manusia memiliki potensi akan nilai-nilai kesusilaan. Hal ini sebanding dengan hak asasi manusia yang dimiliki oleh setiap manusia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Potensi nilai-nilai kesusilaan yang tersimpan di dalam hati nurani setiap manusia disebut sumber norma kesusilaan.
Ketentuan-ketentuan norma kesusilaan tidak lepas dari ketentuan norma agama. Hal itu karena nilai-nilai keagamaan dan kesusilaan berasal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Bentuk pelanggaran kesusilaan merupakan pengingkaran terhadap hati nurani. Selain itu, fungsi dari norma kesusilaan yakni mewujudkan keharmonisan hubungan antarmanusia. Sanksi atas pelanggaran norma ini muncul dalam bentuk penyesalan, rasa malu, dan kegelisahan.

Baca Juga: Tujuan, Ciri, dan Jenis Norma Hukum

Hubungan Norma Kesusilaan dengan Hukum Tertulis Indonesia

Norma ini telah diatur dalam sila pertama dan kedua Pancasila. Sila pertama Pancasila yang berkaitan dengan nilai-nilai keTuhanan mengajarkan tentang moral yang seharusnya dimiliki oleh manusia. Selain itu, Tuhan juga mengajarkan untuk bersikap baik kepada sesama. Contoh dari nilai yang diajarkan Tuhan yaitu saling mengasihi, menyayangi, menghormati, dan bersikap jujur.

Pada sila kedua Pancasila yang berbunyi ‘Kemanusiaan yang adil dan beradab’ mengajarkan kita mengenai nilai-nilai kemanusiaan. Nilai kemanusiaan ini berpengaruh terhadap nilai diri sendiri atau moral yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk dari norma kesusilaan yang berhubungan dengan sila kedua adalah menjaga silaturahmi.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rukun Iman yang Keempat, Iman kepada Para Rasulullah

Senin, 6 Desember 2021 | 19:25 WIB

Rukun Iman Kedua, Percaya kepada Para Malaikat

Senin, 6 Desember 2021 | 19:20 WIB

Penjelasan Rukun Iman dan Rukun Islam

Senin, 6 Desember 2021 | 19:16 WIB

Metode Ilmiah Biologi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Pengertian Ilmu Biologi dan Hal yang Dipelajari

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:51 WIB

Cabang-Cabang dari Ilmu Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:11 WIB

Definisi dan Cabang Ilmu Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 21:53 WIB

Ruang Lingkup Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:12 WIB

Pelestarian Ex Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:46 WIB

Pelestarian In Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:23 WIB

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | 22:16 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB
X