Pengertian Besaran dan Satuan dalam Konsep Pengukuran

- Senin, 25 Oktober 2021 | 21:22 WIB
Speedometer mobil
Speedometer mobil

Di kehidupan sehari-hari, kamu tidak terlepas dari kegiatan pengukuran. Bahkan, sejak bayi, kamu sudah akrab dengan timbangan dan meteran. Dalam penelitian ilmiah, pengukuran merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan data. Konsep pengukuran memiliki dua hal yang penting untuk diketahui, yaitu besaran dan satuan. Konsep ini termasuk ke dalam mata pelajaran fisika. Aplikasi lain dari pengukuran juga dapat ditemukan dalam pelajaran matematika, kimia, biologi, dan geografi. Berikut penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

Apa itu Konsep Pengukuran?

Sebelum mengetahui tentang besaran dan satuan, kamu harus mengetahui pengertian pengukuran. Pengukuran merupakan kegiatan yang membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan dalam satuan. Dalam kehidupan sehari-hari, pengukuran dapat kamu temukan di rumah sakit, puskesmas, pasar, dan toko kelontong di dekat rumahmu. Di rumah sakit dan puskesmas, pekerja kesehatan biasanya melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, dan suhu tubuh. Kamu juga dapat melakukan pengukuran di warung atau pasar saat membeli beras, sayuran, atau daging. 

Pengertian Besaran dan Satuan dalam Konsep Pengukuran

Dalam konsep pengukuran, besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dalam nilai (angka) serta memiliki satuan tertentu. Lalu, apa itu satuan? Satuan adalah segala sesuatu untuk menyatakan atau menjelaskan arti dari suatu besaran, atau sesuatu yang dijadikan pembanding dalam pengukuran yang menjadi acuan.

Dilihat dari pengertian besaran dan satuan, keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya, yaitu satuan adalah salah satu dari komponen besaran. Satuan digunakan sebagai standar dan pembanding dari pengukuran suatu besaran. Sedangkan, benda atau suatu hal yang dapat diukur atau dihitung, dapat dinyatakan dengan angka atau mempunyai nilai, serta mempunyai satuan disebut besaran.

Besaran dibagi menjadi dua hal, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Maksud dari besaran pokok, yaitu besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu, dan bukan turunan dari besaran lain. Besaran pokok ada 7 jenis, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, jumlah molekul zat, dan intensitas cahaya. Untuk pemahaman yang lebih mudah, kamu dapat menyimak tabel besaran dan satuan di bawah ini.

No.

Besaran Pokok

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rukun Iman yang Keempat, Iman kepada Para Rasulullah

Senin, 6 Desember 2021 | 19:25 WIB

Rukun Iman Kedua, Percaya kepada Para Malaikat

Senin, 6 Desember 2021 | 19:20 WIB

Penjelasan Rukun Iman dan Rukun Islam

Senin, 6 Desember 2021 | 19:16 WIB

Metode Ilmiah Biologi

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Pengertian Ilmu Biologi dan Hal yang Dipelajari

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:51 WIB

Cabang-Cabang dari Ilmu Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:11 WIB

Definisi dan Cabang Ilmu Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 21:53 WIB

Ruang Lingkup Biologi

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:12 WIB

Pelestarian Ex Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:46 WIB

Pelestarian In Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:23 WIB

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | 22:16 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB
X