Jenis dan Contoh Teks Prosedur

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:07 WIB
Teks Prosedur (Ruswanti)
Teks Prosedur (Ruswanti)

 

 

 

Hai, teman-teman! Tahukah kamu apa itu teks prosedur? Nah, teks prosedur adalah tulisan yang memuat petunjuk untuk melakukan sesuatu dengan tepat. Teks ini digunakan sebagai panduan dalam membuat, menyusun, ataupun melakukan sesuatu.

Agar tujuan yang diinginkan dapat terwujud, teks prosedur berisi runtutan arahan yang memberikan instruksi dengan tepat untuk melakukan sesuatu.  Sementara itu, menurut KBBI, prosedur diartikan sebagai tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

Teks prosedur memiliki sejumlah jenis, lho! Tiap jenisnya memiliki perbedaan tertentu satu sama lain. Lalu, apa saja jenis-jenisnya? Namun, sebelum itu, kamu perlu mengetahui struktur dari teks prosedur. Yuk, simak ulasan berikut, yang telah dirangkum dari berbagai sumber!

 

Struktur Teks Prosedur

Sebelum menulis teks prosedur, kamu perlu mengetahui struktur dari teks tersebut. Berikut penjelasannya.

  1. Judul

Pada teks prosedur, judul menjadi petunjuk tentang apa yang akan dibuat dan aktivitas yang akan dilakukan di dalam teks.

  1. Tujuan

Dalam teks prosedur, bagian ini, yang juga biasa disebut sebagai kata pengantar, berisi pernyataan pembuka yang menyampaikan tujuan penulisan teks tersebut.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Senin, 23 Mei 2022 | 11:05 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Denim

Senin, 23 Mei 2022 | 10:58 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Senin, 23 Mei 2022 | 10:52 WIB

Proses Pembuatan Kain Tenun yang Lengkap

Senin, 23 Mei 2022 | 07:12 WIB
X