Respon Tantangan Perubahan Zaman, Laboratorium Ilmu Politik Unand Adakan Sekolah Kepemimpinan Masa Depan

Jefli Bridge
- Minggu, 31 Oktober 2021 | 17:14 WIB

HARIANHALUAN.COM - Pemimpin ideal selalu menjadi kebutuhan masyarakat apapun masanya. Berangkat dari hal tersebut, Laboratorium Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand) hadir menjawab kebutuhan masyarakat akan pemimpin yang ideal melalui Sekolah Kepemimpinan Masa Depan pada Sabtu, (30/10/2021).

Dalam pertemuan pertama Sekolah Kepemimpinan, Laboratorium Ilmu Politik Unand sukses menghadirkan mantan birokrat senior dan politisi Indonesia, Shadiq Pasadigoe serta pengamat politik sekaligus Dosen Ilmu Politik Unand Aidinil Zetra dengan membawakan tema “Kepemimpinan dalam Birokrasi Pemerintahan dan Tantangan untuk Masa Depan”.

Diselenggarakan secara nasional, program ini meraih antusiasme peserta dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, birokrat, akademisi, hingga professional. Program yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Laboratorium Ilmu Politik Unand ini secara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Ilmu Politik Unand Indah Adi Putri beserta Kepala Laboratorium Ilmu Politik Unand Mhd Fajri. 

Melalui Zoom Meeting, Indah menyampaikan program ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh Laboratorium Ilmu Politik Unand untuk mengembangkan atmosfer akademik di Jurusan tersebut. Hal tersebut tak terlepas dari visi dan misi jurusan yang turut menyentuh seluruh aspek kehidupan sosial politik yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pemicu berikutnya sebagai pengembangan pemikiran serta wawasan kebangsaan kepemimpinan kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang sangat besar ini,” sebut Indah saat menyampaikan kata sambutannya, Sabtu, (30/10/2021).

Selanjutnya Mhd Fajri menjelaskan program ini lahir karena dibutuhkannya perhatian atas aspek kepemimpinan seiring dengan tantangan dan perubahan zaman. Fajri menjelaskan, Laboratorium Ilmu Politik Unand akan menghadirkan politisi, akademisi, dan praktisi sebagai pemandu pembentukkan calon pemimpin masa depan yang diadakan melalui program tersebut.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi ilmu dan pengetahuan yang berguna untuk tempat Bapak/Ibu bekerja,” sambung Fajri saat menyampaikan kata sambutan. 

Penyampaian materi oleh Shadiq Pasadigoe berlangsung dengan khidmat, sembari menjelaskan krisis kepemimpinan yang ada di pemerintahan saat ini. 

Ia menjelaskan Laboratorium Ilmu Politik Unand hadir dengan segala keresahan mengenai banyaknya tokoh pemimpin yang terjerat berbagai kasus. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:36 WIB

Indikator Asam Basa

Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:14 WIB
X