Perkembangbiakan Generatif pada Hewan (Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar)

- Senin, 1 November 2021 | 21:49 WIB
Contoh perkembangbiakan generatif (ovipar)
Contoh perkembangbiakan generatif (ovipar)

Apakah kamu pernah melihat anak ayam atau anak kucing? Kedua hewan tersebut memiliki cara yang berbeda untuk mengeluarkan anaknya, bukan? Anak ayam menetas dari telur sedangkan anak kucing dilahirkan langsung dari induknya. Pada hewan, salah satu pembeda atau karakteristiknya dapat dilihat dari cara berkembang biaknya. Ada dua jenis cara perkembangbiakan pada hewan, yaitu berkembang biak secara vegetatif dan generatif. Kali ini, kita akan membahas perkembangbiakan secara generatif yang melalui proses pembuahan. Secara generatif, perkembangbiakan hewan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu ovipar, vivipar, dan opovivipar. Berikut penjelasan ketiganya.

A. Hewan Ovipar

Perkembangbiakan ovipar (bertelur)
Hewan jenis ovipar termasuk ke dalam hewan yang menghasilkan telur di luar. Jadi, pembuahan telur dilakukan di luar atau di dalam tubuh tapi nanti telurnya tetap menetas di luar tubuh. Pada pembuahan di dalam, tubuh yaitu sel gamet jantan dan sel gamet betina akan melebur di dalam tubuh induk, baru nantinya telur akan menetas dan berkembang di luar tubuh induk. Contoh dari hewan pembuahan di dalam, seperti burung dan reptil. Sedangkan, pembuahan di luar adalah pembuahan yang dilakukan di luar tubuh induk. Caranya, telur dikeluarkan lebih dulu dari tubuh induk dan baru bertemu sel gamet jantan di luar. Pembuahan ini terjadi pada ikan dan amfibi. Telur yang menetas dari hewan ovipar berisi embrio yang akan berkembang di luar tubuh induk yang sumber makanannya dari kuning telur.

Ciri-ciri umum hewan ovipar, antara lain:

  1. Tidak mempunyai kelenjar susu dan tidak menyusui.
  2. Ada hewan ovipar yang menjaga telurnya sampai menetas dan tidak.
  3. Ada yang mengurus anaknya hingga dewasa ada yang tidak.
  4. Tidak memiliki daun telinga.
  5. Telur berada di luar tubuh induk.
  6. Embrio dilapisi cangkang yang keras atau cangkang yang lunak.
  7. Bertelur dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: Keren Nih! Kampanye Makan Telur Ayam Menko Airlangga Masuk Rekor MURI

B. Hewan Vivipar

Perkembangbiakan vivipar (melahirkan)

Perkembangbiakan hewan yang kedua adalah vivipar. Hewan ini berkembang biak dengan cara melahirkan. Pembuahan dilakukan di dalam tubuh induk. Setelah terjadi pembuahan, embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk betina. Selama di dalam kandungan, embrio tersebut mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan oleh induknya melalui plasenta. Biasanya, hewan yang melahirkan termasuk ke dalam kelas Mamalia. Contoh dari hewan vivipar adalah kucing, anjing, dan singa.

Ciri-ciri umum hewan vivipar, yakni:

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Bobo.grid.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X