Perbedaan Homoiterm dan Poikiloterm dalam Regulasi Suhu Tubuh Hewan

- Selasa, 2 November 2021 | 19:28 WIB
burung hantu
burung hantu

Sebelum mempelajari tentang regulasi suhu tubuh pada hewan, sebaiknya kita mengetahui dahulu tentang homeostasis. Homeostasis adalah proses dan mekanisme otomatis yang dilakukan makhluk hidup untuk mempertahankan kondisi konstan agar tubuhnya dapat berfungsi dengan normal. Proses ini dilakukan oleh semua hewan untuk menjaga keseimbangan dalam tubuhnya. Salah satu bentuk homeostasis adalah melakukan regulasi pada suhu tubuh. Berikut penjelasan mengenai regulasi suhu tubuh pada hewan.

Regulasi Suhu Tubuh pada Hewan

Regulasi suhu tubuh pada hewan adalah cara untuk mencapai tingkat homeostasis atau keseimbangan suhu. Suhu tubuh yang baik diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme. Seperti yang kita ketahui, jika kita mengalami demam, maka beberapa bagian tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, ada beberapa cara hewan dalam meregulasi suhu tubuh.

Kamu mungkin mengenal istilah hewan berdarah panas dan berdarah dingin. Namun, pada saat ini, para peneliti di bidang biologi sudah tidak menggunakan lagi istilah tersebut. Sebaliknya, mereka menggunakan kata homoiterm dan poikiloterm. Pembagian tersebut berdasarkan pengaruh suhu pada lingkungan. Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasannya.

Pengertian Homoiterm

Contoh hewan homoiterm (rubah)

Homoiterm adalah hewan yang mampu mempertahankan suhu tubuhnya terhadap lingkungan. Pada lingkungan yang bersuhu tinggi, tubuh hewan homoiterm akan menurun. Sebaliknya, pada lingkungan bersuhu rendah, tubuh akan menaikkan suhunya.

Mekanisme ini disebabkan kemampuan tubuh hewan homoiterm untuk meregulasi metabolisme berdasarkan suhu. Kemampuan ini disebut juga dengan termoregulasi. Selain itu, dilihat dari cara mendapatkan panas atau kalor, homoiterm termasuk hewan endoterm. Hewan endoterm adalah hewan yang mendapatkan panas dari metabolisme sehingga suhu tubuh hewan tetap konstan. Istilah lain dari homoiterm adalah hewan berdarah panas. Contoh hewan yang termasuk homoiterm adalah kelas Aves dan Mamalia.

Baca Juga: Begini Penjelasan BMKG Mengenai Suhu Siang Saat Ini Terukur Lebih Tinggi

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:36 WIB

Indikator Asam Basa

Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:14 WIB
X