Perbedaan Reaksi Endotermik dan Reaksi Ektotermik dalam Ilmu Fisika

- Kamis, 4 November 2021 | 21:50 WIB
Reaksi kalor
Reaksi kalor

Energi panas terikat dengan hukum kekekalan. Hukum kekekalan energi merupakan hukum yang menyatakan bahwa energi itu kekal dan tidak dapat berubah (besarnya) sepanjang waktu, memiliki nilai yang sama baik sebelum sesuatu terjadi maupun sesudahnya. Energi dapat diubah bentuknya, tapi besarnya akan selalu sama. Energi disini ialah total energi dari suatu sistem. Total energi dari suatu sistem dapat berupa energi kinetik, energi potensial, energi panas, dan lain sebagainya. Bentuk-bentuk energi tersebut dapat berupah menjadi bentuk energi lainnya sehingga total energi pada suatu sistem akan selalu sama.

Pengertian Kalor

Selanjutnya, kita akan membahas tentang kalor. Jadi, kalor merupakan energi panas yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Satuan kalor dalam SI adalah joule (J). Satuan kalor yang popular pada bidang gizi adalah kalori dan kilokalori. Kalor dapat dihitung menggunakan kalorimeter.

Pada benda yang terbakar, ada perbedaan suhu dari yang dingin menjadi panas. Perbedaan suhu ini mengakibatkan terjadinya perpindahan energi, yaitu dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Perpindahan energi akan terus berlangsung sampai tercapai suhu yang sama di antara dua benda tersebut. Energi yang dipindahkan inilah yang disebut dengan kalor.

Baca Juga: Rumus dan Jenis Kalor

Sedangkan, energi radiasi (radiant energy) adalah energi matahari yang berasal dari matahari dan merupakan sumber energi utama dari bumi. Energi matahari memanaskan atmosfer dan permukaan bumi, merangsang pertumbuhan tanaman melalui proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Selain itu, ada energi termal. Energi termal (thermal energy) adalah energi yang berkaitan dengan gerak acak atom-atom dan molekul. Secara umum, energi termal dapat dihitung dari pengukuran suhu. Makin kuat gerakan atom-atom dan molekul dalam suatu materi, makin panas materi itu dan makin besar energi termalnya.

Baca Juga: Fotosintesis: Pengertian dan Penjelasan Dua Tahapan Prosesnya

Perpindahan Kalor

Kalor adalah energi yang dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Kalor berpindah melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:36 WIB

Indikator Asam Basa

Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:14 WIB

Sifat, Klasifikasi dan Cara Membedakan Asam Basa

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:55 WIB

Tata Nama Senyawa Alkana (Hidrokarbon)

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:54 WIB
X