Matematika Ada di Sekitar Kita, Berikut Ini Penerapannya di Kehidupan Sehari-hari

- Selasa, 9 November 2021 | 06:45 WIB
Ilustrasi penerapan matematika
Ilustrasi penerapan matematika

Matematika awalnya disebut ilmu hisab yang mempelajari besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan pun menggunakan berbagai pola lalu menerapkannya untuk merumuskan dan membangun kebenaran melalui metode deduksi, diturunkan dari definisi-definisi yang bersesuaian. Dahulu, perdebatan juga terjadi apakah objek matematika seperti bilangan dan titik sudah ada di semesta atau diciptakan manusia.

Hingga akhirnya, Albert Einstein menyatakannya dengan tepat bahwa sejauh hukum-hukum matematika merujuk pada kenyataan, mereka tidaklah pasti, dan sejauh mereka pasti mereka tidak merujuk pada kenyataan. Max Tegmark pun menambahkan, makna dari matematika tidak merujuk pada kenyataan adalah pesan bahwa gagasan matematika itu ideal dan steril, atau terhindar dari pengaruh manusia. Uniknya, kebebasan dari kenyataan dan pengaruh manusia itu nantinya justru memungkinkan adanya penyimpulan bahwa semesta merupakan sebuah struktur matematika.

Kini, matematika diterapkan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial seperti ekonomi dan psikologi. Matematika terapan melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan matematika baru, serta terkadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistika dan teori permainan.

Berikut ini penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari:

Membuat Anggaran Rutin

“Berapa banyak yang harus saya belanjakan hari ini? Kapan saya dapat membeli mobil baru? Haruskah saya menabung lebih banyak? Bagaimana saya dapat membayar tagihan?” Pikiran-pikiran tersebut biasanya muncul di benak seseorang. Jawaban sederhana untuk jenis pertanyaan itu adalah matematika. Orang itu pun pasti akan menyiapkan anggaran berdasarkan perhitungan sederhana dengan bantuan konsep matematika sederhana. Jadi, matematika dapat diterapkan pada segala hal, misal pengaturan pendapatan dan pengeluaran seseorang.

Aplikasi matematika yang digunakan:

  1. Operasi matematika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
  2. Perhitungan persentase
  3. Perhitungan aritmetika

Konstruksi Pembangunan

Matematika adalah dasar dari setiap pekerjaan konstruksi. Banyak perhitungan, persiapan anggaran, penetapan target, dan perkiraan biaya, semuanya dilakukan berdasarkan matematika. Kontraktor atau pekerja konstruksi pun semestinya sudah tahu betapa pentingnya matematika untuk melakukan semua pekerjaan konstruksi.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Alat Musik Gamelan Khas Indonesia

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:47 WIB

Angka dalam Bahasa Korea dan Sistemnya

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:31 WIB

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Jawa

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:57 WIB

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Arab

Rabu, 25 Mei 2022 | 18:59 WIB

12 Macam Senjata Milik Tokoh Pewayangan

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:19 WIB
X