Perbedaan Kingdom Fungi (Jamur) dan Plantae (Tumbuhan)

- Jumat, 12 November 2021 | 21:29 WIB
Jamur liar
Jamur liar

Jamur adalah kelompok dari makhluk hidup yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Biasanya, jamur tumbuh menempel di pohon besar. Bentuk tubuh mereka dengan tumbuhan. Namun, jamur bukan tumbuhan.

Baca Juga: Struktur dan Reproduksi Kingdom Fungi (Jamur)

Definisi Kingdom Fungi (Jamur)

Ascomycota (Ruswanti)

Jamur adalah makhluk hidup dari Eukarya yang diklasifikasikan menjadi Kingdom Fungi. Ilmu yang khusus mempelajari kingdom ini disebut dengan mikologi. Istilah mikologi berasal dari bahasa Yunani ‘mykos’, yang berarti cendawan atau jenis jamur berbentuk payung.

Kingdom fungi adalah kelompok yang besar dan memiliki karakteristik berbeda-beda. Kelompok ini memiliki lebih dari 50.000 spesies di dunia ini. Penampakan fungi memang terlihat seperti tumbuhan. Namun, fungi tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Mereka termasuk kelompok heterotrof. Mereka mendapatkan makanan dari sumber maupun organisme lain.

Pengertian jamur adalah kelompok makhluk hidup yang berbentuk seperti tumbuhan namun tidak memiliki klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan sekitar melalui hifa dan miselium untuk memperoleh makanan. Baru setelah itu disimpan dalam bentuk glikogen. Jamur sangat bergantung pada substrat yang menyediakan zat karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya. Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Ada beberapa cara hidup jamur, seperti melakukan simbiosis mutualisme, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat yang bermanfaat bagi simbionnya. Contoh simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada jamur mikoriza yang biasa hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau sejenisnya.

Habitat jamur adalah pada berbagai lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air dan jamur dengan jenis ini biasanya bersifat parasit. Beberapa menyebabkan penyakit pada hewan, manusia, dan parasit bagi tumbuhan.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Blog Area Perbedaan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:36 WIB

Indikator Asam Basa

Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:14 WIB

Sifat, Klasifikasi dan Cara Membedakan Asam Basa

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:55 WIB

Tata Nama Senyawa Alkana (Hidrokarbon)

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:54 WIB
X