Jenis dan Gejala Penyakit Ensefalopati pada Otak Manusia

- Senin, 15 November 2021 | 20:53 WIB
Penyakit pada otak disebut enselopati
Penyakit pada otak disebut enselopati

Otak adalah organ yang sangat penting dalam manusia, sebab otak melakukan semua fungsi dalam koordinasi. Namun, ada beberapa kejadian yang mengganggu otak. Kelainan atau penyakit yang mengganggu fungsi atau struktur otak dinamakan ensefalopati. Pada umumnya, penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Walau begitu, penanganan sedini mungkin dan tepat dapat membantu mengendalikan gejala dan mencegah kondisi pengidapnya semakin memburuk. Dilansir dari Halodoc.com, berikut penyakit yang termasuk kelainan otak ensefalopati.

  1. Ensefalopati Traumatik Kronis

Penyakit ini terjadi ketika ada trauma atau luka multipel pada otak. Trauma tersebut dapat mengakibatkan kerusakan saraf pada otak. Ensefalopati tipe ini sering ditemukan pada petinju, pemain sepak bola, atau anggota militer.

Bentuk-bentuk trauma yang dimaksud, seperti pukulan, benturan, atau tertimpa benda secara keras. Meskipun otak dilindungi oleh tengkorak, apabila ada benturan yang keras, otak akan terkena akibatnya.

Baca Juga: Gara-gara Serangan Rudal Iran, 50 Tentara AS Alami Gegar Otak Akut

  1. Ensefalopati Glisin

Ensefalopati glisin merupakan penyakit genetik yang dapat diturunkan, yaitu ketika kadar glisin terlalu tinggi pada otak. Glisin adalah salah satu asam amino. Penyakit ini muncul segera setelah lahir.

  1. Ensefalopati Hashimoto

Penderita penyakit ini jarang ditemukan. Penyakit ini berhubungan dengan penyakit Hashimoto. Penyakit Hashimoto adalah suatu kondisi autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh secara salah menyerang organ tiroid. Apabila terjadi masalah pada kekebalan, otak tentu saja akan terkena akibatnya.

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki Bagi Perempuan, dari Menyehatkan Jantung Sampai Tingkatkan Imun Tubuh

  1. Ensefalopati Hepatik

Ensefalopati hepatik disebabkan oleh penyakit hati. Ketika organ hati tidak berfungsi dengan benar, racun tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, racun akan menumpuk pada darah dan dapat menyebar hingga ke otak.

Baca Juga: Fungsi Hati dan Cara Menjaganya

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB

Apresiasi: Pengertian dan Fungsinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:14 WIB

Memahami Mitologi Di Belahan Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:11 WIB

Mengenal Proses Terjadinya Banjir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:10 WIB
X