Fungsi Bagian-Bagian Otak Manusia

- Selasa, 16 November 2021 | 20:03 WIB
Ilustrasi pembagian fungsi otak
Ilustrasi pembagian fungsi otak

Otak adalah organ vital yang melakukan berbagai macam koordinasi dalam kehidupan manusia. Peran otak sebagai pemeran utama dalam pusat kontrol dari ribuan kegiatan yang dilakukan tubuh, baik secara sadar dan tidak sadar. Sebelumnya, Harian Haluan telah menjelaskan tentang anatomi otak pada artikel berikut Anatomi Otak ManusiaKali ini, pembahasan mengenai fungsi otak. Berikut daftar fungsi dari masing-masing bagian pada otak manusia.

Anatomi Otak Manusia (Ruswanti)

  1. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu otak kanan dan kiri. Pembagian tersebut disebut dengan hemisfer. Cerebrum adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan seluruh otak. Bagian ini memiliki fungsi dalam melakukan pengaturan suhu dan gerakan. Serebrum juga dibagi menjadi beberapa lobus, berikut penjelasan fungsi masing-masing lobus.

  • Lobus frontalis

Lobus frontalis adalah lobus terbesar berada di otak bagian depan, kira-kira sejajar dengan tulang dahi. Bagian ini berfungsi untuk mengoordinasikan perilaku, seperti kemampuan motorik, menyelesaikan masalah, perencanaan, fokus, dan menimbang baik dan buruk. Bagian ini juga mengatur emosi serta mengatur impuls atau informasi rangsang.

  • Lobus parietal

Lobus parietal letaknya berada di belakang lobus frontal. Bagian ini bertugas dalam pengaturan sensasi tubuh, tulisan tangan, posisi tubuh, dan menerjemahkan informasi yang dikirimkan oleh bagian otak lainnya.

  • Lobus temporalis

Lobus temporal ada di sisi kiri dan kanan otak, tepatnya berdekatan dengan telinga. Fungsi lobus temporal adalah untuk mengendalikan daya ingat visual dan verbal, serta sebagai pusat pendengaran dan menginterpretasikan reaksi.

  • Lobus oksipitalis

Letak lobus oksipital berada di bagian belakang otak. Bagian ini berperan dalam kemampuan seseorang untuk membaca dan mengenali literasi. Bagian ini juga mengatur aspek penglihatan lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Otak Kanan dan Kiri

  1. Corpus callosum

Di antara hemisfer ada sebuah penghubung bernama corpus callosum. Bagian ini adalah serat saraf yang menghubungkan sisi kiri otak ke sisi kanan otak. Bagian ini menjadi jalur penghubung terbesar di otak, yang terdiri dari lebih dari 200 juta serabut saraf.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Soal Biologi Bab Animalia Kelas 10

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:22 WIB

Gerak Higroskopis dan 5 Contoh pada Tumbuhan

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:17 WIB

Jenis-Jenis Penyerbukan pada Berbagai Tanaman

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:59 WIB

3 Jenis Tuas dalam Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 23:32 WIB

4 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12 WIB
X