PNP Latih Pengelola UMKM untuk Digital Marketing

- Rabu, 24 November 2021 | 12:55 WIB
Politeknik Negeri Padang (PNP) kerja bareng Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menggelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kampus Limau Manis, 18-19 November 2021.
Politeknik Negeri Padang (PNP) kerja bareng Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menggelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kampus Limau Manis, 18-19 November 2021.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Untuk menginspirasi para pengelola Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) dalam memasarkan produk secara online dengan menggunakan konten promosi yang menarik dan teknik optimalisasi penggunaan layanan promosi berbayar, Politeknik Negeri Padang (PNP) kerja bareng Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menggelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kampus Limau Manis, 18-19 November 2021.

“Dengan berwirausaha Bapak Ibu ikut menjaga ketahanan ekonomi bangsa kita dan tugas kami sebagai pemerintah adalah memfasilitasi kebutuhan Bapak Ibu agar bisa mengembangkan usaha,” tutur Franz Sembiring dari BBPSDMP dalam penutupan pelatihan.

Baca Juga: Direktur Imbau Semua Warga PNP Pertahankan Kebersamaan

Berbisnis itu modalnya bukanlah tempat usaha yang strategis atau ketersediaan uang yang cukup, tapi modalnya adalah berpikir untuk menyelesaikan masalah pelanggan dan calon pelanggan. Artinya bagaimana kita mencari solusi dalam memberikan layanan dan memberikan manfaat kepada pelanggan kita dengan membantu menyelesaikan masalah mereka. Sebaliknya kita mendapat apresiasi berupa keuntungan dan kita baru bisa menyelesaikan masalah kita sendiri, imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, kunci sukses bisnis adalah jika kita berusaha memahami masalah pelanggan maka kita akan bisa mengubah persepsi mereka terhadap produk.

Baca Juga: Mantap! Tim Marapi PNP Berhasil Raih Juara di Kontes Mobil Hemat Energi 2021

"Semakin baik kita untuk mempertahankan bisnis kita semakin sedikit kesalahan kita terlihat oleh pelanggan karena sudah banyak faktor baik yang mereka dapatkan dari kita," terangnya.

Ketua Jurusan Teknologi Informasi, Ronal Hadi yang mewakili Direktur Politeknik Negeri Padang menyatakan, sekitar 100 orang peserta tersebut berasal dari Sumatera Barat dan luar Sumatera Barat; dari pengelola UMKM dan mahasiswa yang mendapatkan hibah wirausaha tahun ini. Ia berharap Kominfo Medan masih bersedia memfasilitasi kegiatan Digital Academy berikutnya.

Koordinator Informatika Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Medan Franz Sembiring menyatakan, acara ini merupakan salah satu bagian Digital Talent Scholarship karena tugas dari Kementerian kominfo adalah mengembangkan sumber daya manusia Indonesia untuk mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital hari ini salah satunya adalah untuk pelatihan penggunaan teknologi digital ke masyarakat langsung.

Setelah ini pihaknya bermaksud mengenalkan pemasaran online yang fektif dan bagaimana mempromosikan produk dan jasa secara online. Selain itu, pengelola UMKM juga diperkenalkan bagaimana memanfaatkan perbankan digital. Lebih lanjut, seperti disampaikan Kepala Balai, ia akan memotivasi alumni dan tenaga fresh graduate mengikuti pelatihan ekspor-impor agar mereka bisa mengekspor dan mengimpor produk mereka.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pelestarian Ex Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:46 WIB

Pelestarian In Situ

Selasa, 30 November 2021 | 22:23 WIB

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Selasa, 30 November 2021 | 22:16 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB

Faktor-Faktor Pembentuk Keanekaragaman Hayati

Selasa, 30 November 2021 | 22:08 WIB

Manfaat Keanekaragaman Hayati untuk Kehidupan Manusia

Selasa, 30 November 2021 | 11:46 WIB

Manfaat dan Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Selasa, 30 November 2021 | 09:07 WIB

Pengertian dan Contoh Keanekaragaman Tingkat Genetik

Selasa, 30 November 2021 | 09:03 WIB

Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Senin, 29 November 2021 | 21:07 WIB
X