Dikombinasikan dengan Hybird Learning, Kemendikbudristek Pastikan PJJ Tetap Lanjut

- Jumat, 26 November 2021 | 15:20 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Ist
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) memastikan m proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dimulai sejak pandemi Covid-19 akan terus dilanjutkan menjadi pilihan sistem pembelajaran di Indonesia.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Muhamad Hasan Chabibie menjelaskan, nantinya sistem pembelajaran jarak jauh akan dikombinasikan dengan pembelajaran tatap muka di sekolah, atau disebut dengan hybrid learning.

Baca Juga: Setelah 2 Tahun PJJ, Hari Ini Bogor Gelar Uji Coba PTM di Tiga Sekolah

"Ke depan pendekatannya yang ideal adalah hybrid learning, ini adalah proses belajar mengajar yang mengombinasikan tatap muka dan pemanfaatan teknologi secara maksimal," kata Hasan dikutip dari Suara.com, Jumat (26/11/2021).

Menurutnya, meski selama pandemi ini PJJ memiliki banyak hambatan mulai dari ketertinggalan pelajaran hingga masalah infrastruktur, sistem belajar ini tetap sangat membantu guru dan siswa.

Baca Juga: SMPN 4 Jalankan PBM Tatap Muka Terbatas Didukung PJJ Radio dan Daring

"Digital juga memudahkan kita melakukan komunikasi jarak jauh, atau mempersiapkan belajar digital yang lebih variatif, itu bisa kita lakukan dengan teknologi," ucapnya.

Sementara, pembelajaran tatap muka di sekolah tetap dibutuhkan untuk membangun karakter dan sosial pelajar.

"Nah kombinasi atau hybrid learning itu kami yakin akan bisa semakin meningkatkan kualitas belajar mengajar di kita," tutup Hasan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

3 Cerita Dongeng Anak yang Memuat Nilai Moral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:56 WIB

3 Cerita Legenda Indonesia yang Populer

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:40 WIB

Cerita Dongeng: Jenis, Ciri, dan Fungsinya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:31 WIB
X