Universitas Andalas Gelar Sekolah Kepemimpinan Masa Depan Sesi Tiga

- Senin, 29 November 2021 | 08:33 WIB
Laboratorium Ilmu Politik (LIP) Universitas Andalas (Unand) gelar program Sekolah Kepemimpinan Masa Depan Sesi Tiga dengan tema “Strategi Kepemimpinan Politik” pada Sabtu, (27/11/2021).
Laboratorium Ilmu Politik (LIP) Universitas Andalas (Unand) gelar program Sekolah Kepemimpinan Masa Depan Sesi Tiga dengan tema “Strategi Kepemimpinan Politik” pada Sabtu, (27/11/2021).

HARIANHALUAN.COM - Menakar strategi kepemimpinan politik merupakan salah satu kunci keberhasilan terwujudnya tujuan nasional. Berangkat dari hal tersebut, Laboratorium Ilmu Politik (LIP) Universitas Andalas (Unand) kembali hadir dalam program Sekolah Kepemimpinan Masa Depan Sesi Tiga dengan tema “Strategi Kepemimpinan Politik” pada Sabtu, (27/11/2021).

Program yang berlangsung secara virtual ini menghadirkan Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia Anwar Sanusi, serta Dosen Jurusan Ilmu Politik Unand (JIP) sekaligus pengamat politik, Asrinaldi.

Antusiasme banyak khalayak menjadi alasan dijadikannya sesi ketiga dari kegiatan ini terbuka untuk umum. Sambutan turut disampaikan oleh Rektor Unand Yuliandri, Ketua Jurusan Ilmu Politik Unand Indah Adi Putri, serta Kepala LIP Mhd Fajri sembari menjelaskan pentingnya tema strategi kepemimpinan politik.

“Dinamika yang terjadi dari semua aspek kekuasaan itu juga menuntut bahwa soal kepemimpinan di level manapun sangat menentukan keberhasilan dari sudut proses instrument kebijakan,” jelas Yuliandri dalam sambutannya.

Saat menyampaikan materi, Anwar sebagai pemateri pertama menjelaskan strategi kepemimpinan politik dalam sudut perkembangan sosial, ekonomi, dan politik nasional kontemporer; tantangan kepemimpinan politik nasional; serta strategi kepemimpinan politik nasional. Anwar juga menyoroti hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan kepemimpinan politik yang demokratis.

“Dalam demokrasi, kita membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk konsolidasi. Tapi sekali itu terkonsolidasi, akan menjadi sesuatu layaknya ikatan sapu yang sangat kuat,” papar Sekjen Kemnaker.

Selain itu, Anwar juga menjelaskan indikasi institusi politik yang berhubungan dengan kehidupan publik haruslah berusaha untuk memastikan efektivitas kebijakan dalam mendorong kemajuan sosial. Ia juga menngatakan adanya afirmasi untuk kaum muda dalam kepemimpinan politik nasional menjadi kesempatan dalam kemajuan politik kedepannya.

“Generasi milenial memiliki energi yang luar biasa. Maka sangat penting untuk menyiapkan generasi yang sebentar lagi akan mengisi panggung pemerintahan,” kata Anwar.

Sementara itu, Asrinaldi menekankan kiat dalam meningkatkan kualitas pemimpin. Ia menjelaskan bahwa upaya tersebut dapat dilakukan mulai dari pendidikan dan latihan, pengalaman, serta penugasan.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

Bentuk dan Orientasi Orbital pada Atom

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:32 WIB

Tiga Kaidah dalam Konfigurasi Elektron pada Atom

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:27 WIB

Teori Atom Mekanika Kuantum

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:15 WIB

Sel Volta dan Rangkaiannya

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:50 WIB

Hukum Faraday 1 dan 2

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:19 WIB

Reaksi Kimia Perkaratan (Korosi)

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:42 WIB

Penjelasan Tentang Buffer (Larutan Penyangga)

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:33 WIB

Senyawa Polimer

Senin, 24 Januari 2022 | 22:57 WIB

Persamaan Termokimia dan Perubahan Entalpi Standar

Senin, 24 Januari 2022 | 21:19 WIB
X