Definisi Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik, Jenis, dan Ekosistem

- Selasa, 30 November 2021 | 08:58 WIB
Penguin adalah contoh keanekaragaman hayati di kutub
Penguin adalah contoh keanekaragaman hayati di kutub

Bumi adalah tempat yang terdiri dari variasi geografis, seperti lautan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Adanya keberagaman permukaan bumi ini menciptakan berbagai macam jenis makhluk hidup, yaitu tumbuhan, hewan, dan manusia. Sebagai orang Indonesia, kita dapat bertemu dengan berbagai etnis. Coba sebutkan berbagai etnis yang ada di sekitarmu.

Perbedaan di bumi ini membentuk variasi atau keberagaman yang disebut keanekaragaman hayati. Untuk lebih memahami tentang apa itu keanekaragaman hayati, simak penjelasan berikut ini.

Definisi Keanekaragaman Hayati

Berdasarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ada beberapa pengertian dari keanekaragaman hayati. Berikut definisi-definisi dari keanekaragaman hayati.

  1. Keanekaragaman hayati merupakan berbagai semua sumber yang terdiri dari daratan, lautan, dan ekosistem perairan lain serta kompleks-kompleks ekologi yang merupakan bagian dari keanekaragamannya. Hal ini mencakup keanekaragaman berupa jenis, antar jenis, dan ekosistem.
  2. Keanekaragaman hayati merujuk pada keanekaragaman pada semua jenis tumbuhan, hewan, dan jasad renik (mikroorganisme) serta proses ekosistem dan ekologis dimana mereka menjadi bagiannya.
  3. Keanekaragaman hayati adalah keberagaman atas keanekaragaman sumber daya alam yang meliputi jumlah maupun frekuensi dari ekosistem, spesies, dan gen di suatu tempat. Pada dasarnya, keanekaragaman melukiskan keadaan yang bermacam-macam terhadap suatu benda yang terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal, ukuran, bentuk, tekstur maupun jumlah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup dan ekosistem yang ada di bumi ini.

Tingkat Keanekaragaman Hayati

Kita sudah membahas mengenai definisi dari keanekaragaman hayati. Kali ini, kita akan membahas mengenai 3 tingkatan atau jenis dari keanekaragaman hayati. Berikut penjelasan dari masing-masing tingkatan.

  1. Keanekaragaman Tingkat Genetik

Definisi dari keanekaragaman tingkat genetik adalah keberagaman jenis yang dilihat dari susunan gen. Pada tingkatan ini, gen adalah hal yang menentukan ciri dan sifat dari suatu individu. Pengertian lain adalah keanekaragaman pada satu spesies.

Kamu dapat melihat contoh dari keanekaragaman di lingkungan sekitarmu, mulai dari keluarga sampai masyarakat dunia. Seperti yang kita ketahui, kita adalah manusia dan termasuk ke dalam satu jenis, yaitu Homo sapiens. Contoh keanekaragaman di manusia seperti kulit dan rambut. Misalnya, warna kulitmu dan beberapa tetanggamu, antara lain hitam, sawo matang, kuning langsat, dan putih. Selain itu, beberapa jenis rambut, dari rambut lurus, gelombang, sampai keriting. Warna asli dari rambut manusia juga beragam, rambut warna hitam, coklat, dan pirang.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bentuk dan Orientasi Orbital pada Atom

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:32 WIB

Tiga Kaidah dalam Konfigurasi Elektron pada Atom

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:27 WIB

Teori Atom Mekanika Kuantum

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:15 WIB

Sel Volta dan Rangkaiannya

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:50 WIB

Hukum Faraday 1 dan 2

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:19 WIB

Reaksi Kimia Perkaratan (Korosi)

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:42 WIB

Penjelasan Tentang Buffer (Larutan Penyangga)

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:33 WIB

Senyawa Polimer

Senin, 24 Januari 2022 | 22:57 WIB

Persamaan Termokimia dan Perubahan Entalpi Standar

Senin, 24 Januari 2022 | 21:19 WIB
X