Pengertian dan Contoh Keanekaragaman Tingkat Genetik

- Selasa, 30 November 2021 | 09:03 WIB
Kelompok sapi (Bos taurus)
Kelompok sapi (Bos taurus)

Apakah kalian tahu ada berapa jenis hewan dan tumbuhan di bumi ini? Sepanjang kamu hidup, ada berapa banyak jenis hewan dan tumbuhan yang pernah kamu temui? Di bumi ini, ada banyak sekali jenis makhluk hidup. Hal ini disebut dengan keanekaragaman hayati. Berikut penjelasan mengenai keanekaragaman hayati.

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Apakah kalian tahu apa maksud dari keanekaragaman hayati? Jadi, maksud dari keanekaragaman hayati adalah keberagaman atau aneka ragam dari organisme yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas yang memiliki 3 tingkatan, yaitu keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem. Keberagaman yang dimaksud terdiri dari warna, jumlah, ukuran, habitat, dan kebiasaan.

Baca Juga: Definisi Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik, Jenis, dan Ekosistem

Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik

Setelah mengetahui tentang definisi dari keanakeragaman secara umum, mari mempelajari tentang keanekaragaman tingkat genetik atau gen. Keanekaragaman tingkat genetik merupakan variasi susunan gen dari suatu spesies makhluk hidup. Jadi, keanekaragaman tingkat ini terjadi pada satu jenis atau spesies.

Nah, apa yang dimaksud dengan gen? Gen adalah susunan materi genetik yang berupa faktor pembawa sifat keturunan atau diwariskan dari orang tua. Materi genetik ini biasanya berada di dalam kromosom. Kemudian, gen akan diekspresikan menjadi penampakan fenotip, seperti karakteristik, kehidupan, bahkan sifat semua makhluk hidup. Kamu dapat melihat variasi dari bentuk ini dari morfologi, anatomi, dan fisiologi.

Cara mengenali tingkatan genetik dengan melakukan pengamatan pada variasi, nama ilmiah yang sama, serta perbedaan morfologi yang tidak terlalu mencolok. Pada tumbuhan, keanekaragaman tingkat gen disebut dengan varietas. Sedangkan pada hewan dan manusia, variasi disebut sebagai ras.

Baca Juga: Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penggolongan Jenis dan Sifat dari Karbohidrat

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:54 WIB

Proses Kenaikan Titik Didih dan Penurunan Titik Beku

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:46 WIB

Jenis dan Fungsi Lemak bagi Tubuh Manusia

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:39 WIB

Sifat dan Kegunaan Unsur Halogen

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:18 WIB

Protein: Struktur, Sifat, dan Fungsinya

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:33 WIB

IKN: Momentum atau Beban Ekonomi Nasional?

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:43 WIB

Korosi: Faktor Penyebab dan Cara Mencegahnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:14 WIB
X