Faktor-Faktor Pembentuk Keanekaragaman Hayati

- Selasa, 30 November 2021 | 22:08 WIB
Keanekaragaman hayati di laut
Keanekaragaman hayati di laut

Sebelum kamu mempelajari tentang keanekaragaman hayati, apakah kamu tahu manfaat dari keanekaragaman hayati? Simak beberapa manfaat dari keanekaragaman hayati di artikel berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Keanekaragaman Hayati untuk Kehidupan Manusia

Salah satu manfaat yang disebutkan, yaitu keanekaragaman hayati sebagai alat ukur atau indikator kesehatan sistem biologi. Maksud dari hal tersebut adalah semakin beragam organisme yang ditemukan, maka semakin sehat pula sistem tersebut. Apakah kamu tahu, ada berapa makhluk hidup di bumi ini? Hingga saat ini, ada sekitar 1,7 sampai 1,8 juta spesies yang sudah diidentifikasi dan diberinama oleh para peneliti.

Keanekaragaman hayati juga disebut dengan biodiversitas. Biodiversitas merujuk kepada keseluruhan atau total variasi kehidupan yang meliputi bentuk, jumlah, dan karakteristik lain yang terdapat di tingkat gen, jenis, dan ekosistem. Keberagaman pada makhluk hidup ini dapat ditemukan di semua jenis habitat, dari pegunungan, hutan, laut, danau, hingga gurun. Bahkan, pada tingkat molekuler pun dapat menciptakan keragaman yang dilihat dari berbagai jenis protein dan karbohidrat yang ditemukan dalam organisme.

Faktor-Faktor Pembentuk Keanekaragaman Hayati

Secara umum, ada 2 faktor yang memengaruhi keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Simak penjelasan berikut ini.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik adalah faktor yang bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi (fenotipe) organisme. Apa itu genetik? Gen adalah susunan materi genetik yang berupa faktor pembawa sifat keturunan atau diwariskan dari orang tua. Materi genetik ini biasanya berada di dalam kromosom atau DNA yang berada di setiap organisme. Kemudian, gen akan diekspresikan menjadi penampakan fenotip, seperti karakteristik, kehidupan, bahkan sifat semua makhluk hidup. Kamu dapat melihat variasi dari bentuk ini dari morfologi, anatomi, dan fisiologi.

Contoh dari keanekaragaman dari faktor genetik, yaitu DNA pada manusia dan primata memiliki mirip namun ada perbedaan yang mengakibatkan keduanya dipisahkan.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Keanekaragaman Tingkat Genetik

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bentuk dan Orientasi Orbital pada Atom

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:32 WIB

Tiga Kaidah dalam Konfigurasi Elektron pada Atom

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:27 WIB

Teori Atom Mekanika Kuantum

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:15 WIB

Sel Volta dan Rangkaiannya

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:50 WIB

Hukum Faraday 1 dan 2

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:19 WIB

Reaksi Kimia Perkaratan (Korosi)

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:42 WIB

Penjelasan Tentang Buffer (Larutan Penyangga)

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:33 WIB

Senyawa Polimer

Senin, 24 Januari 2022 | 22:57 WIB

Persamaan Termokimia dan Perubahan Entalpi Standar

Senin, 24 Januari 2022 | 21:19 WIB
X