Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

- Selasa, 30 November 2021 | 22:12 WIB
Kumpulan Rusa
Kumpulan Rusa

Makhluk hidup yang telah ditemukan dan diidentifikasi oleh para ilmuwan di bumi ini sangat banyak. Dilansir dari Theconversation.com, para ahli menyebutkan ada 10 juta spesies di muka bumi ini! Wah, jumlahnya sangat banyak, bukan? Sayangnya, nilai tersebut masih berupa teori. Hal ini disebabkan adanya tempat-tempat yang belum bisa dijelajah oleh manusia, seperti di dekat kawah gunung berapi, lautan terdalam, dan tempat-tempat terpencil lainnya. Bahkan, beberapa ahli dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) masih menemukan beberapa spesies di Indonesia. Salah satunya, burung pemakan madu dengan nama latin Myzomela irianawidodoae. Burung ini ditemukan pada tahu 2018 dan diberi nama sesuai dengan ibu negara RI, yaitu Ibu Iriana Widodo.

Burung endemik NTT Myzomela irianawidodoae

Nah, inilah salah satu bentuk dari kekayaan Indonesia. Wilayah Indonesia saja masih diperlukan adanya penelitian mengenai keanekaragaman hayati. Karena, Indonesia merupakan salah satu wilayah dengan julukan megabiodiversity. Lalu, kali ini kita akan membahas mengenai keanekaragaman hayati. Simak penjelasan berikut ini!

Definisi Keanekaragaman Hayati

Definisi dari keanekaragaman hayati sangat beragam. Berikut beberapa definisi dari keanekaragaman hayati.

  • Keanekaragaman hayati adalah keberagaman atau aneka ragam dari organisme yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas yang memiliki 3 tingkatan, yaitu keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem. Keberagaman yang dimaksud terdiri dari warna, jumlah, ukuran, habitat, dan kebiasaan.
  • Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman sumber daya alam yang terdiri dari jumlah dan frekuensi dari ekosistem, spesies, maupun gen di suatu tempat. Bentuk dari keanekaragaman dapat dilihat dari keberagaman atau kebermacaman keadaan yang terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal, ukuran, bentuk, tekstur maupun jumlah.
  • Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman atau keberagaman mahluk hidup yang bisa terjadi akibat adanya perbedaan. Perbedaan yang dimaksud dapat dilihat dari bentuk, ukuran, warna, jumlah tekstur, penampilan dan juga sifat-sifatnya.

Dari ketiga pernyataan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa keanekaragaman hayati adalah keragaman makhluk hidup karena perbedaan genetik maupun fenotipik. Kali ini, kita akan membahas mengenai keanekaragaman hayati di tingkat spesies. Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: Definisi Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik, Jenis, dan Ekosistem

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis atau Spesies

Sebelum membahas mengenai keanekaragaman, lebih baik mengenal apa itu definisi spesies. Simak penjelasan berikut ini.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian, Unsur dan Fungsi Sejarah

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:25 WIB

Unsur, Rumus dan Contoh Soal Lingkaran

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:37 WIB

Apa Hukum Kekekalan Massa Dan Siapa Penemunya?

Rabu, 22 Juni 2022 | 03:14 WIB
X