Definisi dan Cabang Ilmu Biologi

- Jumat, 3 Desember 2021 | 21:53 WIB
Habitat hidup tumbuhan paku (Ruswanti)
Habitat hidup tumbuhan paku (Ruswanti)

Ketika kita belajar SD, kita belajar tentang ilmu pengetahuan alam atau IPA. Kemudian, saat sekolah menengah, mata pelajaran ini dibagi menjadi 3, yaitu fisika, kimia, dan biologi. Nah, secara singkat, fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai sifat dan gejala di alam. Kemudian, ilmu kimia mempelajari tentang materi, sifat, struktur, dan reaksi yang ada di alam. Lalu, bagaimana dengan biologi? Simak penjelasan mengenai ilmu biologi berikut ini.

Baca Juga: Ruang Lingkup Biologi

Definisi Ilmu Biologi

Kali ini, kita akan mempelajari tentang apa itu ilmu biologi. Definisi dari biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, termasuk hewan, tumbuhan, dan mikroba. Biologi adalah bahasa Latin, yang terdiri dari dua kata, yaitu bios dan logos. Kata bios berarti kehidupan dan logos adalah ilmu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan serta organisme hidup.

Baca Juga: Definisi Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik, Jenis, dan Ekosistem

Dilihat dari aspeknya, ilmu ini mempelajari hal-hal yang berkisar mengenai studi terkait mekanisme molekuler dalam sel hingga klasifikasi dan perilaku organisme. Berdasarkan hal tersebut, ilmu biologi memiliki cabang yang sangat luas. Ilmu biologi juga dapat membentuk cabang ilmu dari interaksi terhadap ilmu lain, seperti ilmu pengetahuan alam lainnya, yaitu biokimia dan biofisika. Selain itu, biologi dan ilmu sosial, seperti biogeografi, psikologi evolusioner, dan sebagainya.

20 Cabang Ilmu Biologi

Ilmu biologi adalah ilmu yang memiliki banyak cabang dan membentuk cabang ilmu baru dengan berkaitan pada lain. Berikut beberapa daftar cabang ilmu biologi yang penting untuk diketahui dilansir dari Kompas.com.

  1. Agronomi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai tanaman budidaya, seperti padi dan buah-buahan. Ilmu ini bermanfaat dalam bidang pertanian.
  2. Anatomi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai struktur tubuh makhluk hidup. Ilmu ini termasuk ke dalam kelompok ilmu biologi dasar.
  3. Andrologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai reproduksi pria. Andro sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti laki-laki.
  4. Astrobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai asal-usul, evolusi, penyebaran, dan masa depan kehidupan di alam semesta. Ilmu ini adalah gabungan antara biologi dan astronomi.
  5. Bakteriologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai kehidupan bakteri. Bakteri adalah makhluk hidup yang berukuran kecil dan dapat dilihat menggunakan mikroskop.
  6. Bioinformatika adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk mempelajari data biologi. Ilmu ini berguna untuk mempercepat beberapa penelitian dan meningkatkan efektivitas suatu observasi.
  7. Biologi kelautan, yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai laut, seperti namanya.
  8. Biologi molekuler adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyusun tubuh makhluk hidup tingkat molekuler. Biologi molekuler adalah cabang dari biokimia.
  9. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penerapan biologi untuk menghasilkan suatu produk. Ilmu ini banyak dikembangkan di bidang genetika, biokimia, dan mikrobiologi.
  10. Biogeografi merupakan cabang ilmu biologi tentang mengenai penyebaran spesies di Bumi.
  11. Biofisika adalah gabungan antara biologi dan fisika yang mempelajari mengenai proses biologi melalui metode fisika.
  12. Biokimia merupakan gabungan biologi dan kimia untuk mempelajari mengenai reaksi kimia dalam makhluk hidup.
  13. Botani berkaitan dengan mempelajari tumbuhan.
  14. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang ekosistem atau hubungan timbal balik antara lingkungan dan makhluk hidup.
  15. Epidemiologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyebaran penyakit atau epidemi.
  16. Fisiologi adalah ilmu biologi yang mempelajari hal-hal terkait fungsi kerja tubuh.
  17. Imunologi merupakan cabang ilmu biologi yang berasal dari kata imunis dan logos dan mempelajari mengenai sistem kekebalan tubuh.
  18. Mikrobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme, seperti bakteri, fungi, dan virus.
  19. Ornitologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai burung.
  20. Patologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penyakit dan pengaruhnya.

Cabang ilmu biologi masih sangat banyak. Bahkan, ada kemungkinan akan muncul cabang-cabang ilmu lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Deret Aritmatika: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:00 WIB

Pengertian dan Konsep Dasar Semiotika

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:56 WIB

3 Macam Semiotika dan Tokoh-Tokohnya

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:55 WIB

Struktur Teks Cerita Sejarah

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:54 WIB

4 Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:19 WIB

Materi Biologi, Protozoa: Manfaat dan Dampaknya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:58 WIB

Mengenal Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Protozoa

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:57 WIB
X