Fungsi, Tugas dan Wewenang Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

- Kamis, 9 Desember 2021 | 13:52 WIB
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) (Ruswanti)
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) (Ruswanti)

 

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adalah lembaga negara yang mewakili aspirasi daerah. Aspirasi pada tingkat ini akan berpengaruh pada pembentukan kebijakan atau pengambilan keputusan politik di tingkat pusat.

DPD lahir setelah proses amandemen UUD 1945. DPD merupakan wakil provinsi dan bagian dari keanggotaan MPR yang dipilih melalui pemilu di tiap provinsi di Indonesia.

Lalu, apa saja fungsi, tugas, dan wewenang DPD? Nah, ulasan di bawah ini akan membahas tentang fungsi DPD beserta tugas dan wewenang DPD, yang dilansir dari Tirto.id. Yuk, simak!

 

Fungsi DPD

Berdasarkan Undang-Undang RI No.17 Tahun 2014, Dewan Perwakilan Daerah DPD mempunyai beberapa fungsi. Berikut fungsi DPD.

  1. DPD mengajukan RUU terkait otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan sumber daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah kepada DPR.
  2. DPD ikut dalam pembahasan RUU yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan sumber daya ekonomi lainnya, serta perimbangan keuangan pusat dan daerah.
  3. DPD berfungsi sebagai pemberi pertimbangan kepada DPR atas RUU tentang APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama.
  4. Berfungsi sebagai pengawas atas pelaksanaan UU terkait otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan SDA dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.

 

Tugas dan Wewenang DPD

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Tirto.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X