Penjelasan Tentang Hukum Bacaan Mad

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 23:09 WIB
Hukum bacaan mad
Hukum bacaan mad

Saat belajar membaca Al-Quran, kita terlebih dahulu diajarkan beberapa hukum bacaan atau tajwid. Nah, apa itu tajwid? Tajwid adalah hukum bacaan dalam Al-Quran yang terbagi menjadi beberapa macam. Saah satunya adalah hukum bacaan mad. Berikut penjelasan tentang hukum bacaan mad.

Definisi Tajwid Mad

Mad berarti panjang. Dalam ilmu tajwid, hukum mad adalah cara membaca huruf di Al-Quran yang dipanjangkan ketika huruf hijaiyah bertemu dengan beberapa huruf mad, yaitu hamzah, wawu, dan ya. Hukum bacaan mad memengaruhi panjang, pendek, samar-samar, dan cara membaca dengan memberikan tekanan atau pantulan pada huruf tertentu. Nah, berikut jenis-jenis hukum bacaan mad.

Baca Juga: Pengertian dan Hukum Ilmu Tajwid

Macam Tajwid Mad

Secara umum, hukum bacaan mad dibagi menjadi 2, yaitu mad thabi’I dan mad far’i. mad thabi’i adalah mad asli dan mad far’i merupakan tajwid dari cabang atau tambahan mad.

A. Mad Thabi’i

Mad thabi’i biasa disebut mad asli. Pengertian dari mad thabi’I, yaitu hukum bacaan mad saat huruf alif yang terletak sesudah tanda baca fathah, ya sukun terletak sesudah tanda baca kasrah, dan wawu yang terletak sesudah tanda baca dhammah yang dibaca panjang dan wajib membaca panjang dua harakat.

Contoh: كتَا بٌ - يَقُوْلُ - سمِيْعٌ

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Merdeka.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Senin, 23 Mei 2022 | 11:05 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Denim

Senin, 23 Mei 2022 | 10:58 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Senin, 23 Mei 2022 | 10:52 WIB

Proses Pembuatan Kain Tenun yang Lengkap

Senin, 23 Mei 2022 | 07:12 WIB

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X