Karakteristik Seni Rupa dari Bahan Lunak Alami dan Buatan

- Selasa, 14 Desember 2021 | 22:11 WIB
Tanah liat, bahan lunak alami
Tanah liat, bahan lunak alami

Apakah kamu mengetahui arti dari seni rupa? Seni rupa adalah seni yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, secara lahir maupun batin. Nah, kali ini, kita akan menjelaskan mengenai salah satu jenis dari seni rupa tiga dimensi, yaitu seni rupa tiga dimensi dari bahan lunak. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)

Seni rupa 3 dimensi adalah salah satu seni rupa yang memiliki tiga ukuran atau sisi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Seni ini dua dimensi dapat kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk patung, hiasan lampu, lampu hias, kursi ukir, sepatu rajut, tas rajut, dan lain-lain.

Baca Juga: Berikut Daftar dan Penjelasan 20 Jenis-Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Empat Hal

Salah satu bahan untuk membuat seni rupa 3D adalah bahan lunak. Apa itu bahan lunak? Simak penjelasan setelah ini yang dilansir dari Kumparan.com.

Pengertian Bahan Lunak

Bahan lunak adalah salah satu bahan baku yang digunakan dalam produk seni rupa atau kerajinan tangan. Bahan lunak merupakan bahan yang dapat dibentuk menjadi cair atau bertekstur lunak saat dibentuk menjadi suatu karya seni. Nah, bahan lunak terbagi atas dua jenis, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Kedua jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda antara satu sama lain. Berikut karakteristik dari setiap bahan lunak alami maupun buatan.

Baca Juga: Unsur-Unsur Seni Rupa Beserta Penjelasannya

Jenis dan Ciri Bahan Lunak Alami

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X