10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas untuk Jaga Lingkungan

- Selasa, 14 Desember 2021 | 22:17 WIB
Kreasi dari kertas bekas
Kreasi dari kertas bekas

Bumi adalah satu-satunya planet di galaksi yang dapat dihuni oleh manusia dan berbagai makhluk hidup lainnya. Sayangnya, akibat beberapa tindakan manusia, alam semakin rusak. Kita harus menjaga bumi dimulai dari lingkungan sendiri. Nah, salah satu cara merawat lingkungan dengan melakukan recycle atau memanfaatkan kembali barang bekas atau sampah.

Baca Juga: Cara-Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan yang Baik dan Benar

Simak 10 ide untuk recycling berikut ini yang dilansir dari Liputan6.com.

  1. Pot Bunga dari Botol Bekas

Botol bekas adalah salah satu sampah yang sangat mencemari lingkungan. Sampah jenis ini banyak ditemukan di lautan maupun daratan. Salah satu pemanfaatannya adalah membuat pot bunga dari sampah jenis ini. Berikut cara membuat pot bunga.

  1. Sediakan botol bekas air mineral.
  2. Potong menjadi dua buah secara melintang.
  3. Ambil bagian bawah. Potong bagian atas menyerupai telinga boneka dengan pola bebas.
  4. Warnai botol dengan warna sesuai selera dan gambar karakter apapun untuk membuatnya menjadi lebih cantik dan lucu.
  5. Pot siap digunakan. 
  1. Kotak Penyimpanan dari Kardus

Kardus karton adalah salah satu barang bekas yang biasa dimanfaatkan. Salah satu cara memanfaatkan kardus bekas adalah membuat kotak penyimpanan. Kamu dapat langsung menggunakannya untuk menyimpan berbagai barang di rumahmu atau berkreasi dengan kardus tersebut. Bentuk dan ciptakan kotak penyimpanan sesuai yang kamu inginkan dan tutup dengan kertas warna atau kertas kado sebagai hiasan.

Baca Juga: Karya Seni Rupa Tiga Dimensi dengan Berbagai Fungsi dan Contoh yang Dapat Kamu Temukan di Kehidupan

  1. Pigura dari Stik Es Krim

Setelah kita memakan es krim, kamu akan meninggalkan stik es krim. Nah, sebagai pecinta lingkungan yang baik, kamu dapat mengumpulkan dan berkreasi dengan stik es krim untuk membuat kerajinan tangan berupa pigura. Kamu dapat menyusun semua stik es krim yang telah kamu kumpulkan menggunakan lem. Kemudian, beri hiasan dengan sedotan bekas yang telah kamu bentuk menjadi bunga atau bintang. Pigura yang kamu buat dapat menaruh foto-fotomu dan orang kesayanganmu. Kamu juga dapat membuat pigura untuk perjalanan dirimu dalam menyelamatkan lingkungan ini.

Selain pigura, barang yang dapat dibuat dari stik es krim yang juga bermanfaat adalah kotak tisu, kotak pensil, tempat lampu, tatakan gelas, dan lain-lain.

  1. Pigura dari Koran atau Kertas Bekas

Koran atau kertas bekas banyak ditemukan di berbagai tempat, bukan? Nah, dari kedua barang tersebut, kita dapat membuat kreasi pigura. Bagaimana cara membuatnya? Kamu dapat menghancurkan atau merobek koran dan kertas bekas menjadi kecil-kecil. Kemudian, lembutkan dengan direndam di dalam air selama sehari menjadi bubur kertas. Setelah bubur kertas sudah jadi, tiriskan. Bubur kertas yang sudah lembut tambahkan dengan lem kayu yang berwarna putih. Susun bubur kertas menjadi pigura dan hias menggunakan payet, manik-manik, atau hiasan lainnya. Tunggu hingga kering.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 Contoh Parikan Berbahasa Jawa

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:08 WIB

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB
X