Taliban dan Indonesia Kerja Sama Pengembangan Pendidikan

- Selasa, 21 Desember 2021 | 05:03 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan perwakilan Taliban di sela-sela Pertemuan Luar Biasa Menlu OKI, yang membahas mengenai situasi kemanusiaan di Afghanistan, di Islamabad pada Ahad (19/12). (HO-Kemenlu RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan perwakilan Taliban di sela-sela Pertemuan Luar Biasa Menlu OKI, yang membahas mengenai situasi kemanusiaan di Afghanistan, di Islamabad pada Ahad (19/12). (HO-Kemenlu RI)

HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan perwakilan Taliban Amir Khan Muttaqi di Islamabad, Pakistan, pada Sabtu (18/12/2021) waktu setempat.

Baca Juga: Milisi Irak Ingin Usir Pasukan Amerika, Ikuti Jejak Keberhasilan Taliban

Pertemuan antara Retno Marsudi dengan perwakilan Taliban tersebut dilakukan di sela konferensi tingkat menteri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang membahas tentang situasi di Afghanistan.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengungkapkan kesiapan Indonesia untuk menjadi bagian dari kerja sama pengembangan pendidikan dan pengembangan kapasitas untuk pendidikan perempuan di negara tersebut.

Ia juga mengungkapkan beberapa harapan kepada Taliban, salah satunya untuk menepati janji yang disampaikan pada 16 Agustus lalu.

“Indonesia berharap agar janji Taliban yang disampaikan 16 Agustus dapat dilakukan dan dapat mengalami kemajuan yang signifikan,” kata Retno dalam keterangan pers, Minggu (19/12/2021).

Janji yang dimaksud yakni ketika Taliban mengungkapkan konferensi pers perdana sejak mereka mengusai Afghanistan awal Agustus lalu. Pada konferensi pers tersebut, Taliban mengutarakan sederet janji mulai dari menghormati hak perempuan hingga takkan menjadikan Afghanistan sebagai sarang teroris

Retno mengatakan, implementasi dari janji Taliban tersebut akan memberikan kontribusi besar dalam kemakmuran Afghanistan. “Implementasi janji Taliban ini akan memberikan kontribusi besar, dalam menciptakan sebuah Afghanistan yang damai, stabil, dan makmur,” katanya, dilansir oleh Kompas.

Terkait masalah Afghanistan, Menlu Retno mengungkapkan, pertemuan OKI kali ini merupakan momentum yang baik untuk menangani tiga isu sebagai satu kesatuan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: hidayatullah.com

Tags

Terkini

Deret Aritmatika: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:00 WIB

Pengertian dan Konsep Dasar Semiotika

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:56 WIB

3 Macam Semiotika dan Tokoh-Tokohnya

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:55 WIB

Struktur Teks Cerita Sejarah

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:54 WIB

4 Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:19 WIB

Materi Biologi, Protozoa: Manfaat dan Dampaknya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:58 WIB

Mengenal Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Protozoa

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:57 WIB
X