Pengertian dan Benda-Benda Angkasa Penyusun Tata Surya

- Rabu, 22 Desember 2021 | 23:33 WIB
Pengertian tata surya
Pengertian tata surya

Kita adalah salah satu bagian terkecil dari sistem tata surya. Apa itu tata surya? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu tata surya dan apa saja penyusunnya, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah sistem dimana kumpulan benda langit dengan matahari sebagai pusatnya. Sistem tata surya adalah tempat yang dihuni manusia dan dalam bahasa Inggris disebut "Solar System". Kata solar berasal dari bahasa Latin “sol” yang berarti matahari. Nah, dari solar system, kata solar dipilih karena semua benda angkasa mengorbit bintang induk, yaitu matahari.

Pengertian lain dari tata surya adalah sistem yang terdiri dari matahari dan segala sesuatu yang terikat padanya oleh gravitasi. Ini meliputi delapan planet, puluhan satelit, jutaan asteroid , komet dan meteoroid.

Apakah kamu tahu, tata surya adalah bagian dari galaksi. Tata surya kita ini bagian dari Galaksi Milky Way atau Bima Sakti yang mengorbit pada pusat galaksi dengan kecepatan sekitar 515.000 mph (828.000 kph). Jadi, tata surya kita membutuhkan sekitar 230 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit di sekitar pusat galaksi.

Baca Juga: Fenomena Alam: Mengenal Fenomena Bediding dan Akibatnya

Benda-Benda di Angkasa

Tata surya sendiri terdiri dari matahari, empat planet bagian dalam, sabuk asteroid, empat planet bagian luar, dan sabuk kuiper serta piringan tersebar. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai benda-benda di angkasa.

Planet di tata surya

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Gramedia Blog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Tanda Tempo Lagu

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:35 WIB

40 Contoh Parikan Berbahasa Jawa

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:08 WIB
X