Penjelasan dan Urutan Planet di Tata Surya

- Kamis, 23 Desember 2021 | 00:16 WIB
Sistem tata surya
Sistem tata surya

Apakah kamu bercita-cita bekerja di NASA atau menyukai luar angkasa? Luar angkasa yang terlihat di langit-langit menyimpan berbagai macam cerita. Penelitian mengenai luar angkasa tidak pernah berhenti dan terus berkembang. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai planet-planet yang berada di tata surya kita.

Baca Juga: Pengertian dan Benda-Benda Angkasa Penyusun Tata Surya

Apa itu Tata Surya?

Definisi dari tata surya adalah susunan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari karena matahari sebagai pusat dari tata surya. Dalam bahasa Inggris, tata surya disebut solar system. Nah secara singkat, tata surya adalah sistem dimana benda angkasa, seperti planet-planet yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya.

Planet di Tata Surya

Kali ini, kita akan membahas mengenai planet yang ada di tata surya. Sebelumnya, apakah kamu tahu apa itu planet? Salah satu planet di tata surya kita adalah Bumi. Apakah kamu bisa menyebutkan planet lain di tata surya kita?

Pengertian dari planet adalah benda langit yang tidak mengeluarkan panas atau cahaya dan bergerak mengelilingi matahari secara bertahap dan terus-menerus. Di dalam tata surya kita, ada delapan planet yang mengelilingi matahari. Gerakan planet mengelilingi matahari disebut revolusi.

Setiap planet melakukan revolusi berdasarkan garis orbit yang sudah ditentukan. Nah, setiap planet membutuhkan waktu revolusi yang berbeda-beda. Semakin jauh dari matahari, maka waktu revolusi setiap planet akan semakin lama. Selain itu, planet juga melakukan gerakan lain, yaitu rotasi. Rotasi adalah gerakan berputar planet pada lingkarannya.

Urutan Planet dalam Tata Surya

Urutan planet di tata surya (BSIP/UIG)

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X