Penjelasan Tentang Definisi dan Jenis-Jenis Sedimentasi

- Senin, 27 Desember 2021 | 01:29 WIB
Sedimentasi
Sedimentasi

Saat berjalan di daerah sekitar, pernahkah kamu mengamati tebing yang terbentuk di sekitarmu? Daerah hilir sungai yang tertutup oleh pasir? Atau di pinggiran-pinggiran sungai yang banyak pasir?

Nah, salah satu penyebab dari terbentuknya fenomena-fenomena alam tersebut adalah sedimentasi. Apa itu sedimentasi? Simak penjelasan berikut ini.

Definisi Sedimentasi

Sedimentasi adalah sebuah fenomena, peristiwa, atau proses pengendapan yang terjadi pada beberapa komponen abiotik yang ada di lingkungan seperti halnya tanah dan juga pasir.  Penyebab dari pengendapan atau sedimentasi, seperti aliran air atau hembusan angin yang dapat memindahkan partikel-partikel kecil dari tanah atau pasir ke tempat lain hingga mengendap dan membentuk sesuatu yang baru.

Proses ini dapat terjadi di berbagai tempat, yaitu daratan, laut, dan perairan darat, seperti sungai. Pengendapan ini memindahkan material-material sisa dari pelapukan atau pengikisan yang berlangsung dalam jangka waktu cukup lama sehingga mudah diangkut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sedimentasi adalah proses pengendapan material hasil erosi di tempat tertentu.

Proses sedimentasi atau pengendapan membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan sesuatu yang baru, misalnya membentuk batuan baru. Jenis batuan yang akan terbentuk melalui proses sedimentasi ini disebut dengan batuan sedimen.

Baca Juga: BP akan Keruk Sedimen Waduk

Faktor-Faktor Penyebab Sedimentasi

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adhesi dan Kohesi: Pengertian, Contoh dan Dampaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 03:22 WIB

Nama Ruangan dan Tempat Umum dalam Bahasa Inggris

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB

Cara Menulis Abstrak Dalam Karya Ilmiah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:51 WIB

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:48 WIB
X