Pengertian dan Macam dari Tenaga Endogen

- Senin, 27 Desember 2021 | 21:22 WIB
Tenaga endogen
Tenaga endogen

Bumi yang kita tinggali memiliki bentang alam yang sangat beragam. Mulai dari dasar laut terendah sampai puncak gunung tertinggi. Bentuk permukaan bumi tidak rata, bukan? Lalu, bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Keanekaragaman bentuk muka bumi ini ditimbulkan oleh pengaruh tekanan atau tenaga dari dalam dan luar permukaan bumi. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu tenaga endogen. Simak penjelasan di bawah ini yang dilansir oleh Titro.id.

Pengertian Tenaga Endogen

Secara singkat, tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga ini juga disebut tenaga konstruktif atau tenaga yang membangun.

Nah, secara istilah, tenaga endogen dapat didefinisikan sebagai proses endogen yang merupakan dinamika di dalam litosfer (kerak bumi atau kulit bumi) akibat adanya proses fisika dan kimia berupa tekanan terhadap lapisan-lapisan batuan pembentuk litosfer atau aktivitas magma.

Karakteristik yang dimiliki tenaga endogen adalah sifat yang membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Nah, tenaga endogen ini menghasilkan cembungan atau cekungan. Tenaga endogen sendiri dapat berupa tekanan vertikal dan horizontal. Tekanan vertikal menimbulkan tonjolan di permukaan bumi, sedangkan tekanan horizontal memunculkan lipatan-lipatan muka bumi, retakan, dan pematahan lapisan-lapisan litosfer sampai membentuk sesar.

Macam-Macam Tenaga Endogen

Nah, dari penjelasan mengenai tenaga endogen sebelumnya, kita lanjutkan ke pembahasan mengenai 3 macam dari tenaga endogen. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Peristiwa Tektonisme

Tenaga endogen

Peristiwa tektonisme adalah proses tenaga endogen yang mengakibatkan perubahan letak (dislokasi) atau perubahan bentuk (deformasi) pada lapisan kulit bumi. Peristiwa tektonisme dapat dibedakan menjadi dua macam berdasarkan luas dan waktu terjadinya, yaitu gerak epirogenetik dan gerak orogenetik.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Tirto.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Senin, 23 Mei 2022 | 11:05 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Denim

Senin, 23 Mei 2022 | 10:58 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Senin, 23 Mei 2022 | 10:52 WIB

Proses Pembuatan Kain Tenun yang Lengkap

Senin, 23 Mei 2022 | 07:12 WIB

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X