Akibat Rotasi Bumi

- Selasa, 28 Desember 2021 | 12:44 WIB
Rotasi Bumi (Ruswanti)
Rotasi Bumi (Ruswanti)

 

Apakah kamu pernah bertanya, kenapa bisa ada siang dan malam? Kenapa dunia menjadi terang saat siang, sedangkan gelap saat malam? Apa yang menyebabkannya? Penasaran?

Nah, siang dan malam yang terjadi di bumi disebabkan oleh bumi yang berputar pada porosnya, biasa disebut dengan rotasi bumi. Jika bumi berputar, kenapa kita tidak pernah merasakan perputarannya? Sebenarnya, apa itu rotasi bumi?

Nah, rotasi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur. Proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya berlangsung selama 23 jam 56 menit 4 detik tiap putaran. Waktu tersebut dinamakan kala rotasi, yang dikenal dengan satu hari.

Lalu, kenapa kita tidak merasakan putarannya? Peredaran bumi tersebut tidak akan terasa karena adanya gravitasi. Nah, gravitasi bumi menarik semua benda ke arah pusat gravitasi bumi. Jadi, kita tidak akan merasakan pergerakan rotasi bumi meski bumi berputar.

Selain siang-malam, terdapat beberapa akibat rotasi bumi yang lain. Apa saja akibat rotasi bumi? Berikut ulasannya, yang telah dikutip dari Ruangguru.com!

 

Akibat Rotasi Bumi

Baca Juga: Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan

Peredaran bumi pada porosnya alias rotasi bumi mengakibatkan sejumlah hal yang berdampak pada bumi. Apa saja akibat rotasi bumi? Yuk, simak ulasannya!

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X