Ronde Keperawatan di Ruangan Interne RSU Prof Dr M Ali Hanafiah Batusangkar

- Selasa, 28 Desember 2021 | 13:17 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Prodi Pendidikan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Perintis Indonesia telah melakukan pengabdian masyarakat tentang Ronde Keperawatan di Ruangan Interne RSU Dr. M. Ali Hanafiah Batusangkar. Ketua TIM Pengabmas adalah Ns. Dia Resti DND, M. Kep dengan anggota tim yaitu Ns, Mera Delima, M. Kep, Ns. Endra Amalia, M. Kep, Ns. Vera Sesrianty, M. Kep dan Def Primal, S. Kep, M. Biomed dan 4 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Ners.

Bidang kesehatan khususnya keperawatan, untuk selalu dibenahi agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. Salah satu strategi untuk membenahi pelayanan keperawatan yang diberikan kepada masyarakat adalah dengan Ronde Keperawatan.

Ronde keperawatan merupakan strategi yang efektif dalam memulai banyak perubahan dalam aspek keperawatan terutama meningkatkan komunikasi diantara anggota tim terkait interaksi antar perawat.

Dan merupakan bagian dari proses pemberian asuhan keperawatan serta Ronde keperawatan bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan pasien yang dilaksanakan oleh perawat disamping melibatkan pasien untuk membahas dan melaksanakan asuhan keperawatan.

Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala ruangan dan beberapa perawat serta konfirmasi dengan seksi keperawatan bahwa sebelum masa pandemik kegiatan Ronde Keperawatan selalu dilakukan di ruangan Rawat Interne RSUD. Prof. Dr. MA. Hanafiah, SM Batusangkar. Sejak terjadinya pandemi covid-19 kegiatan ini jarang ini dilaksanakan, hal ini disebabkan oleh protokol kesehatan yang mengharuskan kita untuk menjarak jarak fisik ( fisical distancing ) dan beban kerja perawat yang berlebih. Faktor utama penyebab kelebihan beban kerja adalah kekurangan tenaga keperawatan karena sebahagian tenaga perawat harus dimutasikan ke ruangan perawatan khusus pasien covid-19.

Seksi keperawatan RSUD. Prof. Dr. MA. Hanafiah, SM Batusangkar mendukung kegiatan Ronde Keperawatan yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa UPERTIS Indonesia ini sebagai wadah update ilmu terbaru di dunia keperawatan.

Berdasarkan fenomena di atas maka TIM pengabmas melakukan pengabdian tentang Ronde Keperawatan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah klien yang belum teratasi melalui pendekatan berpikir kritis. Kegiatan pengabmas ini dilakukan di Ruangan Interne RSU Prof. Dr. M. Ali Hanafiah Batusangkar pada Hari Senin tanggal 27 Desember 2021 jam 13.00 s.d 15 00 wib dengan jumlah peserta yang hadir mengikuti pengabmas sebanyak 23 orang. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X