Penjelasan Tentang 4 Prinsip Geografi Beserta Penerapan

- Selasa, 28 Desember 2021 | 21:34 WIB
Penjelasan mengani 4 prinsip geografi
Penjelasan mengani 4 prinsip geografi

Dalam ilmu geografi, geografi sendiri adalah ilmu yang mempelajari bumi. Dalam ilmu ini, kita mempelajari berbagai hal, salah satunya adalah prinsip-prinsip untuk melakukan kajian dan penelitian dalam ilmu geografi.

Apa pentingnya kita mengetahui berbagai prinsip dalam ilmu ini?  Seperti yang kita ketahui, bumi adalah tempat yang sangat luas. Oleh karena itu, perlu dibatasi agar pembahasan pada ilmu ini lebih spesifik.

Baca Juga: 10 Konsep Dasar Geografi Penting beserta Contoh yang Perlu Kamu Pelajari

Prinsip geografi sendiri dibagi menjadi 4, yaitu prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi. Berikut penjelasan masing-masing prinsip yang dilansir dari Ruangguru.com.

  1. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi dapat didefinisikan sebagai prinsip geografi yang terjadi akibat persebaran gejala-gejala geosfer yang ada di permukaan bumi menyangkut kondisi fisik dan sosial. Prinsip distribusi adalah kunci pertama dalam studi geografi. Prinsip ini dapat menetapkan prinsip-prinsip yang lain.

Prinsip ini memiliki hasil yang berbeda di setiap tempat. Hal tersebut terjadi karena bentangan alam di bumi ini berbeda-beda yang terbentuk karena adanya tenaga-tenaga, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen yang dapat dibaca di artikel berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Dari persebaran gejala-gejala geografi di permukaan bumi yang berbeda ini dapat dijabarkan penyebab dan masalah yang terjadi. Prinsip ini juga dapat digunakan untuk memprediksi keadaan di masa yang akan datang. Berikut contoh dari prinsip distribusi.

  • Persebaran kandungan minyak bumi dan gas di wilayah Indonesia yang tidak merata, lebih banyak terkonsentrasi di wilayah Indonesia bagian barat, sedangkan di wilayah Indonesia bagian timur lebih banyak mengandung bahan mineral.
  • Daerah dataran tinggi, seperti Dieng memiliki suhu yang cocok untuk perkebunan teh dan kopi dibandingkan dataran rendah.
  • Pulau Jawa memiliki tanah yang lebih subur untuk pertanian padi dibandingkan pulau Kalimantan yang lebih cocok untuk ditanami kelapa sawit.

Baca Juga: Batuan Penyusun Lapisan Litosfer

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X