Penyebab dan Dampak dari Perubahan Iklim Akibat Pemanasan Global

- Selasa, 28 Desember 2021 | 22:04 WIB
Pemanasan global akibat perubahan iklim
Pemanasan global akibat perubahan iklim

Berbagai platform di dunia ini selalu menyuarakan tentang pemanasan global. Bahkan, setiap tahun, kita merayakan Hari Bumi untuk meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga bumi, terutama dari perubahan iklim akibat pemanasan global. Dilansir dari Ruangguru.com, berikut penjelasan mengenai prubahan iklim akibat pemanasan global.

Pengertian Perubahan Iklim Akibat Pemanasan Global

Sebelum membahas mengenai perubahan iklim, mari kita simak penjelasan mengenai iklim. Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi iklim contohnya temperatur, curah hujan, dan angin, pada periode waktu tertentu. Selain itu, iklim juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Menurut berbagai ahli, faktor utama dari perubahan iklim adalah aktivitas manusia. Sejak adanya revolusi industri dan kemajuan dalam berbagai bidang industri maupun teknologi, berbagai aktivitas manusia mengakibatkan perubahan iklim yang disebabkan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Hal ini mengakibatkan atmosfer bumi semakin memanas.

Berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Kerangka Kerja Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC) mendefinisikan perubahan iklim disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia sehingga mengubah kompoisi dari atmosfer global dan variabilitas iklim alami pada perioda waktu yang dapat diperbandingkan. Komposisi atmosfer global yang dimaksud adalah komposisi material atmosfer bumi, yaitu karbon dioksida (CO2), metana (CH4), nitrogen, uap air, sulfur, dan sebagainya.

Faktor utama dari perubahan iklim sebenarnya akibat muncul fenomena yang disebut pemanasan global. Pengertian dari pemanasan global sendiri adalah terjadinya peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dan berlangsung untuk jangka waktu tertentu.

Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global terdiri dari berbagai faktor yang berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dilansir dari Indonesiabaik.id, antara lain:

  1. Efek Gas Rumah Kaca
  2. Pemanasan Global
  3. Kerusakan Lapisan Ozon
  4. Kerusakan Fungsi Hutan
  5. Penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang Tidak Terkontrol
  6. Gas Buang Industri

Baca Juga: Pengertian dan Penyebab Efek Rumah Kaca

Dampak Negatif Perubahan Iklim

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Senin, 23 Mei 2022 | 11:05 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Denim

Senin, 23 Mei 2022 | 10:58 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Senin, 23 Mei 2022 | 10:52 WIB

Proses Pembuatan Kain Tenun yang Lengkap

Senin, 23 Mei 2022 | 07:12 WIB

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X