Penjelasan tentang Pengertian dan Faktor Biosfer di Bumi

- Rabu, 29 Desember 2021 | 21:40 WIB
Biosfer (lapisan kehidupan)
Biosfer (lapisan kehidupan)

Pernahkah kamu bertanya mengenai bagaimana tempat makhluk hidup tinggal? Bumi ini terdiri dari berbagai bentuk dan bentang alam yang beragam. Hal ini menciptakan keanekaragaman pada makhluk hidup, mulai dari manusia, flora, dan fauna. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana tematp tinggal makhluk hidup yang disebut biosfer. Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Biosfer

Biosfer di lautan

Secara etimologi, biosfer berasal dari bahasa Latin, yaitu kata bio berarti hidup dan sphere berarti lapisan. Jadi, biosfer secara singkat berarti lapisan hidup.

Secara istilah, biosfer adalah lapisan bumi yang dapat dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya. Lapisan ini terdiri dari daratan, perairan, dan udara yang memungkinkan adanya kehidupan dan proses biotik berlangsung.

Jadi, dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa biosfer merupakan suatu tempat sistem ekologis global untuk menyatukan semua makhluk hidup serta hubungan interaksi yang meliputi unsur litosfer, hidrosfer, antrofosfer, dan atmosfer bumi. Lapisan biosfer adalah lapisan yang terdiri dari kurang lebih 9.000 meter. Lapisan ini menjadi tempat sistem kehidupan dan organisasi yang kompleks. Sampai saat ini, hanya bumi yang memiliki tanda-tanda biosfer.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ekosistem: Ekosistem Air, Ekosistem Darat, dan Ekosistem Buatan Beserta Penjelasannya

Definisi Biosfer Menurut Para Ahli

Para ahli juga menjabarkan mengenai biosfer untuk selain pengertian baku biosfer. Berikut penjelasan biosfer pada masing-masing para ahli, antara lain:

Halaman:

Editor: Ruswanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X