UMMY Solok Dapat Gelontoran Dana Rp2,6 Miliar dari Kemenristek Dikti

- Selasa, 14 April 2020 | 13:01 WIB

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melalui Kementrian riset teknologi Pendidikan tinggi (Kemenristek Dikti) menggelontorkan dana sebesar Rp2,6 miliar lebih ke UMMY Solok tahun akademik 2019/2020 ini. Dana yang dialokasikan itu diperuntukan untuk beasiswa Bidikmisi, Peningkatan Prestasi Akademik, biaya penelitian dosen, biaya pengabdian masyarakat dan biaya disertasi doktor untuk salah seorang dosen.

Rektor UMMY Solok, Syahro Ali Akbar saat penyerahan dana penelitian dan pengabdian masyarakat, Selasa (14/4/2020) di kampus UMMY Solok mengatakan, meningkatnya jumlah dana yang disalurkan menunjukan UMMY Solok sudah sejajar dengan perguruan tinggi lainnya. Apa yang dinikmati oleh perguruan tinggi lainnya di Indonesia ternyata UMMY juga ada di dalamnya.

"Tingginya perhatian pemerintah suatu bukti bahwa UMMY meeupakan perguruan tinggi yang mulai bergensi.Dosen yang memerima dana penelitiam hendaknya dapat dimanfaatkan sesuai prosedurnya, semakin banyak dosen melakukan penelitian juga berdanpak pada kemajuan UMMY maupun sebagai bahan kelengkapan kredit poin bagi dosen," katanya. 

Penelitian maupun pengabdian masyarakat yang dilaksanakan jangan asal jadi melainkan harus ada umpan balik, baik bagi dosen, UMMY dan pemerintah. Kapan perlu, hasil penelitian sebagai bahan rujukan dalam mengambil kebijakan bagi pemerintah tempat dilakukan penelitian. Menurut Syahro Ali Akbar, jika dibanding tahun lalu, tahun ini dana yang masuk ke UMMY Solok naik hampir 100 %.

"Itu menunjukan adanya kepercayaan pemerintah melalui Kemenristek Dikti pada UMMY Solok. Hendaknya kepercayaan itu jangan disia-siakan bahkan prestasi dosen dan mahasiswa perlu lebih dipacu. Kepada dosen yang menerima bantuan penelitian dan pengabdian masyarakat jangan lupa melakukan pertanggungjawaban dana, sekecil apapun kegunaannya," harap Rektor. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Pengertian Lingkungan Hidup dan Cara Menjaganya

Jumat, 24 September 2021 | 19:13 WIB

Keistimewaan Membaca Surah Surah Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 24 September 2021 | 06:56 WIB

Ekosistem: Definisi dan Komponen Pembentuknya

Rabu, 22 September 2021 | 20:19 WIB
X