Luncurkan SNMPN 2022, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Gandeng FDPNI

- Senin, 3 Januari 2022 | 16:32 WIB
Direktur PNP Surfa Yondri (batik biru) usia kegiatan Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi bersama dengan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) meresmikan Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta.
Direktur PNP Surfa Yondri (batik biru) usia kegiatan Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi bersama dengan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) meresmikan Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi bersama dengan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) meresmikan Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta.

Acara yang dilaksanakan secara hybrid ini, dihadiri oleh 44 Direktur Politeknik se-Indonesia, Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se-Indonesia dan Para Guru Bimbingan Konseling. Turut hadir sebagai narasumber Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T., Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Dr. Ing. Ahmad Taqwa, MT, dan Mursid Triasmanto, Staf Analis Statistik PUSDATIN, Kemendikbudristek.

Baca Juga: Prodi TI PNP Gelar Tekinfo Publication Award 2021

“Ada banyak harapan tertanam pada siswa SMK, SMA dan MA di seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Dan, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) ini merupakan jalur seleksi pendidikan tinggi vokasi yang dapat dipilih. Apalagi tahun depan, akan bergabung pula Akademi Komunitas Negeri (AKN),” kata Beny Bandanadjaja, yang hadir sekaligus meresmikan peluncuran SNMPN 2022.

Beny pun berpesan agar para siswa benar-benar cermat memilih program studi yang ada di Politeknik tujuan.

Baca Juga: Tim PUPR Seluruh Indonesia Site Visit Gedung PKM-PNP

“Jangan salah pilih prodi, karena proses yang berjalan di perguruan tinggi membutuhkan input yang sesuai, baik dari sisi pendidikan maupun keahlian. Ada banyak prodi favorit, namun kembali lagi bahwa proses yang berjalan ini akan membentuk karakteristik lulusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Bukan sekedar ‘yang penting kuliah’,” imbuhnya.

Selama ini, SNMPN menjadi jalur alternatif untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Vokasi Politeknik. Meski jumlah pendaftar tahun lalu menurun, bukan berarti jalur ini kurang diminati oleh masyarakat. Berdasarkan data jumlah pendaftar SNMPN di tahun 2020 kemarin, terdapat sebanyak 214,507 siswa yang bergabung untuk 2 jalur pilihan program saat itu, yaitu D3 dan Sarjana Terapan. Di tahun 2021 pendaftarnya turun 128.547 siswa tetapi hanya ada 1 jalur pilihan program D3 saja. Untuk yang Sarjana Terapan jalurnya bergabung dengan seleksi LTMPT.

“Penurunan ini wajar mengingat peminat program Sarjana Terapan (D4) tidak bisa bergabung lagi di jalur SNMPN. Siswa yang ingin mendaftar program Sarjana Terapan dipersilahkan ikut seleksinya LTMPT, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Jadi bisa dikatakan, jika jalur SNMPN ini masih diminati dan bahkan untuk gabung ke Politeknik masyarakat bisa memanfaatkan beberapa jalur seleksi sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa,” jelas Ketua FDPNI Ahmad Taqwa di sela-sela acara peluncuran SNMPN 2022.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X