Pusdatin Kemendikbudristek Siap Dukung SNMPN 2022

- Senin, 3 Januari 2022 | 20:07 WIB
Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) serta disaksikan Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se-Indonesia dan Para Guru Bimbingan Konseling (secara hybrid, red.)
Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) serta disaksikan Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se-Indonesia dan Para Guru Bimbingan Konseling (secara hybrid, red.)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kemendikbudristek, melalui Mursid Triasmanto, Analis Statistik menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi, SNMPN 2022 pada kegiatan peresmian Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta, hari ini (3/1/2022).

Bersama Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) serta disaksikan Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se-Indonesia dan Para Guru Bimbingan Konseling (secara hybrid, red).

Baca Juga: Luncurkan SNMPN 2022, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Gandeng FDPNI

PUSDATIN memberikan gambaran mengenai pembaruan konsep tata Kelola data dan informasi berdasarkan kebutuhan perkembangan pembangunan pendidikan di Indonesia.

Sistem verifikasi dan validasi data pendidikan, atau dikenal dengan istilah Verval Data bertujuan memperbaiki data yang belum valid, disebabkan duplikasi data. Biasanya terjadi karena siswa yang sudah tidak aktif, karena pindah, dan alasan tertentu masih terdaftar pada sekolah yang lama. Sementara di sekolah yang baru, siswa didata ulang sehingga berpotensi terjadi duplikasi data.

Baca Juga: Prodi TI PNP Gelar Tekinfo Publication Award 2021

“Satuan Pendidikan berperan sangat penting dalam proses pendataan siswa. Baik sekolah, operator dan Kepala Sekolah diharapkan dapat berkoordinasi untuk melakukan update data seperti NISN, Identitas siswa dan lain sebagainya, sehingga sasaran verifikasi validasi dapat terpenuhi,”tegas Mursid.

“Data yang digunakan mengacu pada data yang ada di Kementerian Dalam Negeri. Dan, ternyata masih dijumpai adanya permasalahan seputar data induk kependidikan. Untuk itu dibutuhkan Verval Data, mengingat data ini menjadi dasar untuk program seleksi nasional yang akan berlangsung ini,“ lanjutnya.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T. turut menambahkan jika Pemerintah melalui program Satu Data Indonesia telah berupaya mewujudkan tata kelola data pemerintahan yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X