Hukum Archimedes dan Penerapannya

- Senin, 3 Januari 2022 | 21:31 WIB
Hukum Archimedes (Ruswanti)
Hukum Archimedes (Ruswanti)

Tahukah kamu, saat berada di dalam air, kita bisa lebih mudah mengangkat beban yang berat dibandingkan saat berada di darat? Kenapa bisa? Hal itu karena adanya gaya angkat pada benda di dalam fluida, yang biasa disebut dengan Gaya Archimedes. Gaya Archimedes membuat beban seolah terasa lebih ringan.

Apa itu Gaya Archimedes? Nah, Gaya Archimedes adalah gaya angkat ke atas pada benda jika dimasukkan ke dalam fluida (zat cair atau gas). Gaya Archimedes ditemukan oleh ilmuwan Yunani, yaitu Archimedes. Penemuannya ini menjadi hukum yang berlaku, dengan sebutan Hukum Archimedes.

Lalu, seperti apa Hukum Archimedes? Berikut ulasannya dan penerapan Hukum Archimedes dalam kehidupan, yang dilansir dari Ruangguru.com. Yuk, simak!

 

Hukum Archimedes

Baca Juga: Penjelasan, Rumus, dan Penerapan Tentang Hukum Newton 1, 2, 3

Hukum Archimedes menjelaskan hubungan antara gaya berat dan gaya ke atas (gaya apung) pada benda yang dimasukkan ke dalam fluida. Adanya gaya angkat ke atas menyebabkan berat benda di dalam fluida berkurang.

Bunyi Hukum Archimedes:

"Suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam fluida akan mengalami gaya ke atas, yang besarnya sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut."

 

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X