Jenis-Jenis Gaya dalam Hukum Newton 1, 2, dan 3

- Senin, 3 Januari 2022 | 23:18 WIB
Ilustrasi pohon apel yang menginspirasi Isaac Newton
Ilustrasi pohon apel yang menginspirasi Isaac Newton

Saat kamu membonceng kendaraan dan tiba-tiba berhenti mendadak, tubuhmu akan otomatis maju ke depan, bukan? Atau, saat kendaraan tiba-tiba bergerak ke depan, tubuhmu akan mundur ke belakang. Nah, hal tersebut merupakan salah satu penerapan Hukum Newton dalam kehidupan. Hal tersebut diakibatkan oleh gaya dari suatu benda. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis gaya dalam Hukum Newton. Simak penjelesan berikut ini yang dilansir dari Ruangguru.com.

Sebelulm membahas jenis-jenis gaya dalam Hukum Newton, mari kita mengenal ilmuwan yang mengemukakan hukum ini. Dia adalah Sir Isaac Newton (1642-1727). Newton merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris. Dia mempelajari tentang mekanika, yaitu suatu cabang fisika yang mempelajari tentang gerak setelah melakukan kajian terhadap pendapat yang dikemukakan oleh Aristoteles dan Galileo Galilei mengenai gerak suatu benda. Penyebab gerak atau perpindahan kedudukan dari suatu benda dikarenakan oleh gaya, jadi apabila ada suatu gaya yang bekerja maka benda itu akan bergerak.

Secara istilah, gaya merupakan dorongan ataupun tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak, berubah arah, maupun perubahan bentuk benda. Gaya juga dapat mengakibatkan benda yang mulanya bergerak menjadi diam. Untuk mengukur nilai gaya yang terjadi pada suatu benda, kita dapat menggunakan alat ukur neraca pegas (dinamometer). Nah, satuan dari gaya adalah Newton (N). Hukum Gerak Newton sendiri dapat dibagi menjadi 3, yaitu Hukum Newton 1, 2, dan 3.

Baca Juga: Penjelasan, Rumus, dan Penerapan Tentang Hukum Newton 1, 2, 3

  1. Hukum Newton 1

Contoh Hukum Newton 1 pada bandul sederhana

Hukum Newton 1 berbunyi:

Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam, dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.”

Rumus dari Hukum Newton 1 sebagai berikut.

∑F = 0

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: harianhaluan.com, Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X