Penjelasan tentang Trigonometri dan Sudut Istimewa

- Selasa, 4 Januari 2022 | 20:53 WIB
Ilustrasi trigonometri
Ilustrasi trigonometri

Apakah kamu sering melihat bentuk segitiga? Contoh dari bentuk segitiga, yaitu atap rumah, huruf A, potongan pizza, keju, potongan semangka, daun bersudut lancip, dan beberapa rambu lalu lintas. Nah, dari bentuk segitiga itu, kita akan menemukan sudut-sudut yang saling berkaitan. Sudut tersebut dapat diukur menggunakan trigonometri. Simak penjelasan tentang trigonometri berikut ini.

Definisi Trigonometri

Secara bahasa, kata trigonometri berasal dari bahasa Yunani, yaitu trigonon berarti tiga sudut dan metron yang berarti mengukur. Nah, secara istilah, trigonometri adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga. Bidang ini muncul di masa Helenistik pada abad ke-3 SM dari penggunaan geometri untuk mempelajari astronomi. Semua fungsi trigonometrik dari sudut θ dapat dibangun secara geometri dalam lingkaran satuan yang berpusat pada O.

Baca Juga: Contoh-Contoh Soal Hukum Newton pada Mata Pelajaran Fisika

Istilah Dasar Pada Rumus Trigonometri

Ilustrasi trigonometri

Rumus trigonometri biasanya ditemukan pada segitiga siku-siku. Rumus ini juga biasa digunakan untuk ilmu Fisika, seperti Hukum Newton 2 dan gerak parabola. Nah, pada materi tentang trigonometri ini, kita akan menemukan 6 istilah untuk menyebutkan tentang perbandingan antara sisi, antara lain:

  1. sinus (sin)
  2. cosinus (cos)
  3. tangen (tan)
  4. cotangen (cot)
  5. secan (sec)
  6. cosecan (cosec)

Baca Juga: Sifat dan Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Dasar Rumus Trigonometri

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Wikipedia, katadata.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X