Rumus dan Penerapan Hukum Pascal

- Selasa, 4 Januari 2022 | 21:44 WIB
Ilustrasi Hukum Pascal
Ilustrasi Hukum Pascal

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita melihat beberapa alat yang menggunakan ilmu Fisika, seperti mengangkat beban yang sangat berat. Kita tentu saja akan mengalami kesulitan untuk mengangkat mobil yang berukuran kurang lebih 1 ton. Apalagi, saat kita ingin membersihkan bagian bawah mobil.

Nah, seorang ilmuwan asal Prancis berhasil membuat hal tersebut menjadi mudah dengan menemukan Hukum Pascal. Dia adalah Blaise Pascal, seorang ilmuwan Prancis (1623-1662) yang merupakan seorang ahli filsafat dan teologi. Namun, beliau juga mempelajari ilmu matematika dan fisika, terutama geometri proyektif. Dari situ, dia berhasil mengemukakan tentang mekanika fluida yang berhubungan dengan tekanan dan gaya yang dikenal dengan Hukum Pascal. Apa itu Hukum Pascal? Simak penjelasan berikut ini.

Definisi Hukum Pascal

Hukum Pascal adalah salah satu hukum Fisika yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan oleh cairan dalam ruang tertutup selalu diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Nah, bunyi dari hukum ini dapat dinyatakan sebagai berikut.

Jika tekanan eksternal diberikan pada sistem tertutup, tekanan pada setiap titik pada fluida tersebut akan meningkat sebanding dengan tekanan eksternal yang diberikan.”

Baca Juga: Penerapan Hukum Bernoulli dalam Kehidupan

Rumus Hukum Pascal

Secara umum, Hukum Pascal dapat dirumuskan sebagai berikut.

P = F : A

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Wikipedia, katadata.co.id, Gurupendidikan.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X