Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 22:23 WIB
Perbedaan kelajuan dan kecepatan
Perbedaan kelajuan dan kecepatan

Saat kita mengendarai kendaraan, biasanya kita melihat speedometer untuk mengatur kecepatan. Saat berkendara di kota besar, ada laju kendaraan bermotor maksimal, yaitu kurang lebih 60 km/jam. Dari kata laju tersebut, apakah kamu mendapatkan petunjuk tentang judul di atas?

Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara kelajuan dan kecepatan dalam ilmu Fisika. Simak penjelasan berikut yang dilansir dari Ruangguru.com.

Definisi dan Rumus Kelajuan

Dari penjelasan di atas, kelajuan dapat dilihat atau diukur menggunakan speedometer. Nah, definisi dari kelajuan sendiri merupakan cepat lambatnya perubahan jarak terhadap waktu. Kelajuan sendiri merupakan salah satu besaran skalar.

Maksudnya, kelajuan disebut sebagai besaran skalar karena tidak melihat arah gerak dari benda tersebut. Jadi, pada kelajuan, jarak yang dimaksud adalah jarak tempuh. Arah yang berbeda seperti utara, selatan, timur, barat, kanan, dan kiri tidak diperhatikan.

Baca Juga: Pengertian Besaran dan Satuan dalam Konsep Pengukuran

Alat untuk mengukur kelajuan disebut speedometer. Alat ini dapat ditemukan di motor dan mobil.

Kelajuan sendiri disimbolkan dalam huruf ‘v’, bukan v kapital, ya. Kalau V adalah simbol untuk volume. Cara menghitung kelajuan (v), yaitu jarak yang ditempuh (m) dibagi dengan waktu (t). Berikut rumusnya.

v = s/t

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:09 WIB

Senam Lantai: Gerakan Headstand dan Handstand

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:00 WIB

Pengertian dan Jenis-Jenis Nada

Senin, 9 Mei 2022 | 17:29 WIB
X