Pasang-Surut Air Laut Akibat Gravitasi Bulan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 22:35 WIB
Pasang-surut air laut akibat gravitasi bulan
Pasang-surut air laut akibat gravitasi bulan

Apakah kamu sering pergi ke pantai? Biasanya, kamu pergi ke pantai saat siang hari atau sore hari? Beberapa orang akan memilih untuk berburun sunset di pantai. Karena, warna langit yang sangat indah serta suasana yang dingin dan terasa memorable.

Biasanya, saat kita di pantai, kita akan bermain pasir, bermain bola, dan bermain air. Namun, ada beberapa waktu dimana kita tidak diperbolehkan untuk bermain air. Hem, kenapa begitu? Hal tersebut terjadi apabila ada pasang.

Baca Juga: Gerhana Bulan: Proses Terjadinya, Jenis-Jenisnya, serta Fakta dan Dampaknya

Kali ini, kita akan membahas mengenai fenomena yang terjadi di daerah pantai, yaitu pasang dan surut air laut akibat gravitasi bulan. Simak penjelasan berikut yang dilansir dari Ruangguru.com.

Pasang-Surut Air Laut Akibat Gravitasi Bulan

Seperti yang kita ketahui, air laut adalah zat cair. Zat cair sendiri memiliki sifat yang mudah berubah bentuk ketika dikenai gaya. Penyebab dari pasang-surut air laut, yaitu gaya gravitasi benda asing, angin laut, dan gelombang air laut sendiri.

Nah, kali ini kita akan membahas penyebab akibat gaya gravitasi. Jadi, bentuk dari permukaan laut yang cair ini bisa berbeda akibat adanya gaya gravitasi dari benda asing di tempat yang berbeda pada laut yang berbeda.

Gaya gravitasi yang memengaruhi pasang surut air laut adalah gravitasi bulan atau gravitasi matahari. Namun, gravitasi dari bulan lebih berpengaruh dibandingkan gravitasi matahari. Hal ini dikarenakan, jarak bulan lebih dekat.

Akibat adanya gravitasi bulan ini, ada masa atau daerah ketika permukaan laut yang naik (pasang) dan permukaan laut yang turun (surut). Selain itu, bumi kita ini juga berotasi, hal ini menyebabkan adanya fenomena dua kali pasang dan dua kali surut dalam satu hari di suatu tempat.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X