Edukasi dan Pelatihan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat dalam Upaya Kesiapsiagaan Remaja Tangguh Bencana

- Kamis, 6 Januari 2022 | 11:58 WIB

Prodi Sarjana Keperawatan  Fakultas Ilmu Kesehatan Upertis melakukan pengabdian masyarakat tentang Edukasi dan pelatihan pertolongan pertama pada gawat darurat dalam upaya kesiapan sigaan Remaja Tangguh Bencana di Kelurahan Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara.

Ketua TIM Pengabmas adalah Ns. Lisa Mustika Sari M.Kep  dengan anggota tim yaitu Ns. Yaslina M.Kep dan 2  orang mahasiswa Sarjana Keperawatan dan Kegiatan Pengabdian masyarakat ini adalah kerjasma kegaiatan pengabmas UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA DAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG Indonesia merupakan negara dengan diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gor jumlah dan variasi bencana terbanyak di dunia.

Dari mulai gempa bumi, tsunami, gunung berapi, puting beliung, banjir, tanah longsor dan banjir bandang. Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau factor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.



Kota Padang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat dengan luas area 1.414,96 km2 (BPS 2019). Tata ruang Kota Padang lebih cenderung pada kawasan pesisir yang membuat pembangunan Kota Padang dominan pada kawasan pesisir. Selain itu, Kota Padang memiliki topografi yang mana sejumlah daerahnya Besarnya risiko pada ancaman bencana tsunami tersebut, Kota Padang terutama Kelurahan Ulak Karang Utara berada di Kecamatan Padang Utara memerlukan perencanaan yang matang dalam menghadapi potensi bencana tersebut. Pengurangan risiko bencana dilakukan dengan mengembangkan strategi yang efektif.

Penanganan tanggap darurat bencana  merupakan upaya penting yang harus dilakukan jika terjadi bencana. Kegawatdaruratan gempa yang ada di Kelurahan ulak karang membutuhkan tindakan yang segera, baik itu dari pemerintah maupun inisiatif warga. Kondisi di lapangan memperlihatkan bahwa di Kelurahan ulak karang belum terdapat program dari pemerintah maupun inisiatif warga untuk mengadakan  pelatihan kegawat daruratan dalam tanggap bencana.

Kelompk siaga bencana  sebagai salah satu wadah remaja untuk ikut andil dalam memperbaiki kualitas masyarakat Berdasarkan hasil wawancara  dan observasi yang didapatkan oleh Tim Pengabdi data yang didapatkan bahwa  kelurahan di ulak karang kecamatan kota Padang Utara merupakan daerah pesisir pantai yang mana rawan bencana. seperti gempa, dan resiko tsunami.

Di kelurahan Ulak Karang sudah terbentuk ada kelompok siaga bencana namun tidak aktif dan anggotanya bukan dari Remaja yang ada dikelurahan ulak karang, sehingga berdasarkan situasi kondisi lingkungan perlu dilakukan upaya peningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam penanggulangan bencana serta remaja aktif dalam kegiatan posyandu remaju salah satunya tanggap bencana  sehingga tim pengadi perlu untuk memberikan edukasi dan pelatihan keterampilan kepada remaja dalam penanaganan pertomgan pertama pada bencana.

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Remaja dalam kesiapsiagaan Bencana  dengan memberikan edukasi dan peltihan simulasi pennaganan gawat darurat dalam penaganan bencana . Kegiatan Pengamas ini diikuti oleh  14  orang Remaja dikeluarahan ulakan karang kecamatan padang utara  pada tanggal . 3 oktober 2021  yang dimulai dari jam 10.00-16.00 Wib. (**)

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Senin, 23 Mei 2022 | 11:05 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Denim

Senin, 23 Mei 2022 | 10:58 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Senin, 23 Mei 2022 | 10:52 WIB

Proses Pembuatan Kain Tenun yang Lengkap

Senin, 23 Mei 2022 | 07:12 WIB

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X