Hubungan Roda-Roda dalam Ilmu Fisika

- Kamis, 6 Januari 2022 | 21:17 WIB
Ilustrasi hubungan roda-roda
Ilustrasi hubungan roda-roda

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa memanfaatkan roda untuk memudahkan berbagai aktivitas, seperti transportasi. Alat transportasi yang menggunakan roda, seperti becak, delman, sepeda, motor, mobil, bahkan kereta. Nah, dari beraneka jenis roda dalam alat transportasi tersebut, mereka bergerak bersamaan karena memiliki hubungan. Bayangkan saja, jika roda-roda dalam alat transportasi tersebut tidak memiliki koordinasi yang baik, tentu saja akan terjadi kesalahan, seperti tidak bergerak. Contohnya saja, saat rantai sepeda kita terlepas atau putus.

Nah, dari pernyataan di atas, kita dapat mengetahui salah satu manfaat dari hubungan roda dalam ilmu Fisika. Untuk memahami mengenai konsep hubungan roda lainnya, simak penjelasan berikut dilansir dari Fisikaabc.com dan Ruangguru.com.

  1. Hubungan Roda-Roda Sepusat

Ilustrasi hubungan roda-roda sepusat

Nah, dilihat dari gambar di atas, anggap kedua lingkaran mengelilingi satu poros dan memiliki gerak yang satu arah.  Hubungan roda adalah hubungan roda-roda satu poros atau satu pusat. Contoh dari hubungan roda-roda sepusat dapat ditemukan pada gir belakang dengan roda belakang sepeda ontel.

Baca Juga: Ngeri, Layang-layang Besar Tersangkut di Roda Pesawat Citilink

Konsep kerja dari hubungan roda sepusat adalah dua lingkaran pada sepeda yang bergerak maju, roda belakang berputar searah jarum jam. Demikian pula dengan gir belakang. Setelah selang waktu tertentu, gir belakang dan roda menempuh posisi sudut yang sama. Ini berarti, kecepatan sudut gir belakang dan roda belakang adalah sama.

Rumus:

ωA = ωB

vA/RA = vB/RB

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Fisikaabc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X