Gaya Sentripetal pada Gerak Melingkar

- Kamis, 6 Januari 2022 | 21:24 WIB
Ilustrasi gaya sentripetal dalam gerak melingkar
Ilustrasi gaya sentripetal dalam gerak melingkar

Apakah kamu tahu bahwa bumi kita ini berputar pada titik poros? Hal tersebut disebut rotasi bumi. Rotasi bumi ini mengakibatkan adanya siang dan malam. Meskipun bumi kita ini berputar, tubuh kita tidak terpental ke luar bumi, ya? Hem, bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Gaya yang berlaku pada rotasi bumi ini dapat terjadi karena adanya gaya sentripetal. Berikut penjelasan mengenai gaya sentripetal.

Baca Juga: Hubungan Roda-Roda dalam Ilmu Fisika

Pengertian Gaya Sentripetal

Sebelum membahas tentang gaya sentripetal, kata sentripetal berasal dari bahasa Latin yaitu ”centrum” berarti pusat dan ”petere” yang artinya menuju arah. Jadi, secara bahasa, sentripetal berarti menuju arah pusat lingkaran.

Gaya sentripetal secara istilah dapat dijelaskan sebagai gaya yang mengakibatkan benda bergerak melingkar. Benda yang melingkar tersebut mempunyai percepatan ke pusat lingkaran. Percepatan inilah yang dinamakan sebagai percepatan sentripetal. Anda bisa mengamati jenis gaya ini menggunakan kerangka acuan inersial. Kerangka ini mengacu diam atau geraknya suatu benda dengan berpedoman pada kecepatan konstan pada bumi.

Selain itu, gaya sentripetal ini adalah gaya yang berfungsi untuk mengubah arah gerak benda tanpa mengubah besar kecepatan linearnya. Tanpa adanya gaya ini, suatu benda tidak akan bisa bergerak melingkar.

Untuk lebih memahami tentang gaya sentripetal, kamu dapat melihat gaya ini dengan membuat hubungan seutas tali dan bandul bermassa m lalu diputar secara horizontal. Gaya-gaya yang bekerja pada bandul adalah gaya berat (W) yang arahnya ke bawah dan gaya tegangan tali (T) yang arahnya menuju pusat lingkaran (tangan). Nah, dari penjelasan tersebut, gaya tegangan tali berperan sebagai gaya sentripetal yang menyebabkan timbulnya percepatan sentripetal.

Nah, percepatan pada gaya sentripetal sendiri tidak menyebabkan perubahan besar kecepatan linier. Tetapi, percepatan ini menyebabkan perubahan arah kecepatan linear di setiap titik lintasan lingkar. Karena arah kecepatan linear selalu berubah setiap saat, maka terjadilah gerak melingkar.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Wikipedia, Ruangguru.com, Fisikaabc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X