Konsep Gaya Sentrifugal dalam Gerak Melingkar

- Kamis, 6 Januari 2022 | 21:52 WIB
Ilustrasi gaya sentrifugal pada ontang-anting di wahana bermain
Ilustrasi gaya sentrifugal pada ontang-anting di wahana bermain

Dalam gerak melingkar, kamu akan menemukan dua istilah gaya, yaitu gaya sentripetal dan gaya sentrifugal. Nah, dalam ilmu Fisika, apa itu gaya sentrifugal? Simak penjelasan berikut ini.

Definisi Gaya Sentrifugal

Latar belakang munculnya gagasan mengenai gaya sentrifugal terjadi ketika sebuah benda atau partikel melakukan gerak melingkar, pada benda atau partikel tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Nah, orang-orang juga mulai meneliti untuk menambahkan sebuah gaya yang arahnya menjahui pusat lingkaran. Peran gaya ini adalah mengimbangi gaya sentripetal.

Gaya sentrifugal merupakan lawan dari gaya sentripetal. Besar gaya sentrifugal sama dengan besar gaya sentripetal, sedangkan arah gaya sentrifugal berlawanan dengan gaya sentripetal. Hal ini dimaksudkan agar benda yang melakukan gerak melingkar berada dalam keadaan setimbang.

Baca Juga: Gaya Sentripetal pada Gerak Melingkar

Nah, definisi dari gaya sentrifugal adalah gaya yang arah geraknya menjauhi titik pusat atau poros. Gaya ini adalah gaya yang berupa efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar

Konsep kerja dari gaya sentrifugal sendiri bertolak belakang dengan Hukum Newton 1. Menurut Hukum Newton 1, gaya total pada suatu benda akan membuat benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus. Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjauhi pusat, maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus. Kenyataan yang terjadi, benda tetap melakukan gerak melingkar.

Oleh karena itu, gaya ini disebut juga sebagai gaya pseudo atau gaya khayal. Gaya sentrifugal tergolong sebagai efek semu pada saat benda melakukan gerakan melingkar. Gaya pseudo hanya dapat ditemukan pada saat kerangka acuan yang merupakan non inersial.

Karakteristik Gaya Sentrifugal

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Wikipedia, Fisikaabc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X