Meski Pandemi, Teknik Mesin PNP Berhasil Realisasikan Program Unggulan 2021

- Jumat, 7 Januari 2022 | 13:15 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski pandemi berlanjut, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang berhasil merealisasikan sebagian Program Unggulan 2021. Dari 8 program unggulan, 4 program berhasil terealisasikan. Kendala terbesar realisasi program tersebut adalah pandemi Covid-19 yang membuat keterbatasan ruang gerak (physical distancing).

Ketua Jurusan Teknik Mesin PNP, Menhendry merinci, kedelapan program unggulan tersebut adalah menciptakan karya yang bermutu sesuai kebutuhan industri dan permintaan pasar; berusaha untuk meraih prestasi akademik pada tingkat nasional dań internasional; membuat program yang tersertifikasi untuk menunjang merdeka belajar kampus merdeka; membuat paket pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat; memperbaiki kurikulum yang disesuaikan dengan produk unggulan yang telah ditetapkan; membentuk teaching factory yang akan dipergunakan untuk bekerjasama dengan industri; memperbaiki hubungan industri dengan menerapkan revolusi industri 4.; dan memperbaiki manajemen jurusan untuk menuju akreditasi internasional.

Baca Juga: Program Studi D-3 Akuntansi PNP Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Untuk program menciptakan karya yang bermutu sesuai kebutuhan industri dan permintaan pasar, Jurusan Teknik Mesin berhasil Mendaftarkan Turbin Cross Flow sebagai Produk Unggulan PNP. Untuk program prestasi akademik pada tingkat nasional dań internasional, Jurusan Teknik Mesin berhasil mengadakan seminar internasional dengan Perguruan Tinggi Filipina, mengikuti KMHE (Kontest Mobil Hemat Energi), dan mengikuti PKM (Program Kreatif Mahasiswa ) GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif).

Dalam program yang tersertifikasi untuk menunjang Merdeka belajar Kampus Merdeka, TUK Jurusan Teknik Mesin berhasil memiliki 7 Skema Sertifikasi. Program Paket Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pun, Jurusan Teknik Mesin berhasil membuat Pengembangan Spadame yang telah mengikutkan 20 Dosen.

Baca Juga: Prodi TI PNP Gelar Tekinfo Publication Award 2021

Tercatat dosen Jurusan Teknik Mesin dengan jenjang pendidikan S-3 berjumlah 6 orang dan S-2 lebih banyak, mencapai 39 orang. Berdasarkan jabatan akademik, tercatat Guru Besar 1 orang, Lektor Kepala 30 orang, Lektor 9 orang, Asisten Ahli 4 orang, dan tenaga pengajar 1 orang. Tenaga kependidikan Jurusan Teknik Mesin terdiri dari 9 orang teknisi, dan 4 orang tenaga administrasi.

Kekuatan Jurusan ini terletak pada fasilitas peralatan praktik yang lengkap, Sumber Daya Manusia dengan beragam keahlian, Tempat Uji Kompetensi dengan 7 skema, dan sistem pembelajaran Online dan Offline. Meskipun demikian analisis SWOT-nya menunjukkan kelemahan dalam hal kurikulum belum sempurna dan masih perlu diperbaiki, teaching factory dan project, based learning belum terbentuk, hubungan industri belum terorganisasi dengan baik, dan manajemen jurusan yang belum efektif dan perlu diperbaiki dengan segera.

Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin D-3 Teknik Mesin 428 orang; D-3 Teknik Alat Berat 188 orang; dan D-4 Teknik Manufaktur 160 orang.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pengertian dan Cara Penulisan Angka Romawi

Senin, 23 Mei 2022 | 11:05 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Denim

Senin, 23 Mei 2022 | 10:58 WIB

Karakteristik dan Jenis Kain Katun

Senin, 23 Mei 2022 | 10:52 WIB

Proses Pembuatan Kain Tenun yang Lengkap

Senin, 23 Mei 2022 | 07:12 WIB

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X