Rumus Momentum dan Tumbukan pada Ilmu Fisika

- Jumat, 7 Januari 2022 | 21:36 WIB
Ilustrasi momentum
Ilustrasi momentum

Saat kita berlari atau saat kita mengendarai kendaraan, kita memiliki kekuatan yang disebut kekuatan gerak. Kekuatan gerak ini adalah kekuatan yang dimiliki oleh setiap benda bergerak. Kekuatan gerak pada benda bergerak memiliki dua faktor, yaitu massa dan kecepatan si benda. Massa benda yang dimiliki akan dikalikan kecepatan benda, hal ini akan memunculkan kekuatan gerak. Hal ini berarti, bahwa benda yang memiliki massa kecil dan berkecepatan tinggi akan memiliki kekuatan gerak yang sama dengan benda bermassa besar namun kecepatan geraknya pelan.

Baca Juga: Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Definisi Momentum

Nah, kekuatan gerak yang dimaksud sebelumnya disebut dengan momentum. Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan apa itu momentum. Jadi, momentum adalah kekuatan yang dimiliki benda bergerak dipengaruhi oleh massa benda tersebut dan kecepatan geraknya. Dalam ilmu Fisika sendiri, momentum atau pusa adalah besaran yang berhubungan dengan kecepatan dan massa benda bergerak.

Untuk lebih memahami tentang momentum, simak penjelasan berikut yang dilansir dari Ruangguru.com.

Pada sebuah truk bermassa 20.000 kg atau 20 ton bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Ketika truk ingin berhenti, truk membutuhkan gaya yang besar. Nah, apabila truk besar ini menabrak tembok, maka tembok akan rusak.

Kasus tersebut dibandingkan dengan mobil berukuran lebih kecil bermassa 2.000 kg atau 2 ton dengan kecepatan 10 m/s. Jika mobil menabrak tembok, maka bagian depan mobil dan tembok bisa rusak.

Kasus ketiga, mobil kecil tadi diberikan kecepatan yang lebih besar, yaitu 120 m/s. Jika mobil menabrak tembok, maka hampir semua badan mobil dan tembok dapat hancur. Hal ini terjadi karena besarnya kekuatan gerak atau tumbukan mobil terhadap tembok, cukup kecil.

Baca Juga: Konsep Gaya Sentrifugal dalam Gerak Melingkar

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X