Konsep dan Rumus dari Daya (Power)

- Jumat, 7 Januari 2022 | 21:41 WIB
Ilustrasi daya (power)
Ilustrasi daya (power)

Materi tentang daya dalam ilmu Fisika adalah kelanjutan dari pembahasan tentang usaha. Sebelum masuk ke materi daya, simak penjelasan singkat dari usaha dulu, yuk. Usaha merupakan gaya yang dilakukan untuk memindahkan benda sejauh perpindahannya. Usaha terjadi ketika energi dipindahkan dari suatu sistem ke sistem yang lainnya. Usaha disimbolkan dalam huruf W kapital dan memiliki Satuan Internasional berupa Joule atau disingkat J. Lalu, apa itu daya?

Baca Juga: Konsep Usaha (Work) dalam Ilmu Fisika

Definisi Daya

Apakah kamu pernah mendengar kata Watt? Nah, watt merupakan Satuan Internasional dari daya. Nama Watt diambil dari penemu uap pada abad ke-18, yaitu James Watt. Dalam ilmu Fisika, daya adalah energi yang digunakan tiap waktu. Definisi dari daya juga dapat dituliskan sebagai berikut.

Daya memiliki lambang P yang merupakan besar usaha (W) dibagi satuan waktu (t) atau kelajuan (v) dimana usaha dilakukan.

Satuan daya yang sering digunakan selain Watt, yakni Daya Kuda atau Horse Power (hp). Nilai dari 1 hp setara dengan 746 Watt. Daya sendiri merupakan besaran skalar, karena daya mempunyai nilai tetapi tidak mempunyai arah. Hal ini dapat dilihat dari definisi sebelumnya, yaitu daya memperhitungkan kelajuan, bukan kecepatan. Untuk mengetahui tentang perbedaan keduanya, kamu dapat membaca artikel berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Rumus Daya

Daya memiliki simbol P yang berarti power atau tenaga. Jadi, tenaga adalah usaha yang kita keluarkan setiap satuan waktu. Daya dapat dirumuskan menjadi 3 rumus, yaitu.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Ruangguru.com, Mediaindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Cek Hasil UTBK SMBPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:46 WIB
X